Ternak Kambing – Cara Membuat Pakan Fermentasi Ternak Kambing

Ternak kambing –  Di zaman modern sekarang ini diperlukan cara dan teknik yang cerdas dalam menjalankan suatu usaha, agar mendapatkan hasil atau keuntungan usaha yang maksimal meskipun dengan tingkat kesusahan yang minimal. Dalam hal beternak kambing untuk mendapatkan hasil produksi Ternak Kambing yang maksimal maka diperlukan strategi yang tepat dalam sistem yang digunakan dalam cara ternak kambing, untuk mendapatkan strategi yang tepat maka pelaku usaha Ternak Kambing harus mempunyai kejelian dalam beberapa hal seperti cara membuat kandang, cara memilih bibit kambing yang bagus, cara manajemen ternak yang benar serta masih banyak faktor yang membutuhkan kejelian dalam melakukan usaha Ternak Kambing, yang merupakan faktor penentu atas keberhasilan dalam usaha Ternak Kambing. Ketersediaan pakan ternak berkualitas sangat penting perannya dalam usaha cara Ternak kambing. Pakan ternak adalah salah satu hal utama sebagai penentu keberhasilan dalam usaha Ternak Kambing.  Hasil penelitian dan pengembangan teknologi pakan ternak modern menemukan suatu cara untuk membuat pakan ternak fermentasi dari bahan limbah jerami dan pohon pisang, bahkan pakan hasil fermentasi ini telah terbukti ampuh dalam meningkatkan pertumbuhan kambing para peternak kambing. dan ini merupakan salah satu inovasi yang bagus untuk para pelaku usaha Ternak Kambing. Proses pembuatannya relatif mudah sehingga para peternak kambing diharapkan juga mampu membuatnya secara mandiri.

Usaha ternak kambing

Sebenarnya pakan fermentasi ini adalah pemanfaatan limbah sebagai bahan bakunya seperti jerami dan pohon pisang serta rumput kering ataupun ampas kacang sebagai bahan makanan utama dalam usaha ternak, dengan bakteri pada EM4 maupun bakteri dari satarbio sehingga menghasilkan pakan ternak fermentasi. Proses pembuatan pakan fermentasi ini dilakukan dengan cara semudah mungkin, namun hasilnya sangat terbukti bisa menaikan berat badan kambing sekitar 2 kg hingga 4 kg selama waktu 10 hari, luarbiasa bukana? Pakan fermentasi ini dapat dimanfaatkan oleh peternak sebagai pakan alternatif Ternak Kambing maupun dalam beternak sapi di musim kemarau, yang mana pada musim kemarau biasanya ketersediaan pakan Ternak Kambing hijauan sulit didapatkana. Dengan demikian para peternak dapat mengantisipasi hal tersebut dengan sistem fermentasi pakan Ternak Kambing.

Pakan fermentasi

Cara Membuat Pakan Ternak Kambing Fermentasi

Berikut adalah bahan-bahan dan tahapan dalam pembuatan pakan ternak kambing fermentasi.

Bahan-bahan yang digunakan:

  • Jerami, jika tidak ada bisa menggunakan pohon pisang sebagai bahan baku.
  • Ampas tahu.
  • Bekatul.
  • Buah Nanas.
  • Gula pasir.
  • Air.
  • Garam.

Tahapan Pem buatan pakan fermentasi:

  • Cacah hingga menjadi potongan kecil bahan baku yang digunakan berupa  Jerami ataupun Pohon Pisang.
  • Siapkan parutan 1 buah nanas beserta larutan gula pasir yang sudah dicampur air untuk fermentasi basah (pohon pisang) sebanyak 1 liter.  Dan untuk fermentasi kering (jerami) sebayak 10 liter air, sementara itu campurkan juga bahan utama dengan ampas tahu dan bekatul dalam wadah besar.
  • Aduk hingga rata larutan gula pasir dan parutan nanas 1 buah tadi dan diamkan selama 15 menit. Kemudian masukan lagi larutan yang sudah didiamkan tadi kedalam 10 liter air, kemudian siramkan secara merata ke dalam campuran pakan dalam wadah besar, tambahkan juga garam secukupnya dan aduk campuran tadi hingga rata.
  • Kemudian masukan campuran pakan yang telah diaduk rata kedalam ember besar atau drum plastik dan tutp rapat-ratpat menggunakan plastik atau terpal dengan tujuan agar kedap terhadap udara luar selama 1 hari untuk bahan baku kering atau jerami dan cukup selama 1 sampai 3 saja untuk bahan baku basah atau potongan pohon pisang (debok).
  • Setelah beberapa tahap diatas maka pakan fermentasi telah jadi.
  • Berikan pada ternak kambing atau ternak sapi pagi dan sore hari.

Pakan ternak

Manfaat Pakan Ternak Kambing Fermentasi

Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari pakan kambing fermentasi ini antaralain dapat memperbaiki sistem pencernaan pada kambing, dapat meningkatkan produksi susu ternak kambing etawa ataupun ternak kambing jawa, dapat dengan cepat meningkatkan bobot ternak secara alami, ternak kambing menjadi gemuk dan sehat, dapat meningkatkan nafsu makan kambing, membuat daging kambing lebih padat berisi serta rendah kolesterol, membuat kambing ternak lebih resistan terhadap penyakit, membuat kotoran kambing tidak berbau sehingga tidak membuat polusi mencemari udara lingkungan sekitar kandang kambing, membuat kotoran dan urine kambing lebih sedikit dserta bisa digunakan sebagai pupuk kandang alami atau dibuat biogas.

Ternak kambing

Demikian informasi tentang cara pembuatan pakan fermentasi ternak kambing, juga bisa diterapkan untuk sapi, atau hewan ternak mamalia sejenis. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian khususnya para peternak.

5 Comments

  1. Arifin Ridlwan August 17, 2015 Reply
    • admin September 2, 2015 Reply
  2. andik September 7, 2015 Reply
  3. Tono September 23, 2015 Reply
  4. aigitzi cjdw October 26, 2015 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terima Kasih atas kunjungan Anda.Ini adalah website review untuk jualan sapi atau jual sapi online ,jual kambing dan hal hal yang berhungan dengan usaha peternakan hewan
error: Content is protected !!