Sapi Ongole – Mengenal Sapi Ongole Dan Sapi PO

Sapi Ongole  adalah sapi yang asalnya dari Negeri India dan masih tergolong jenis sapi zebu atau sapi berpunuk. Banyak dibiakkan oleh para peternak pulau Sumba secara alami, dengan demikian sapi ini juga dikenal dengan nama sapi SO atau Sumba ongole.  Kebanyakan orang menyebut sapi ongole dan sapi limosin adalah  sapi tipe pekerja yang sangat bagus, mempunyai tenaga yang kuat serta beruukuran tubuh yang besar, lebih tahan lama untuk tidak makan dan minum dan kelebihan  lain yang dimiliki sapi ongole adalah dapat di besarkan meskipun dengan tingkat kwalitas pakan yang tidak terlalu baik.

Harga sapi potong jenis Ongole Berapa ?

Peranakan Sapi Ongole atau Disebut Sapi PO

hasil perkawinan antara sapi ongole dengan sapi Jawa adalah ‘Sapi PO’ atua Sapi Peranakan Ongole. Sapi ini sangat cocok sebagai sapi pekerja karena bertenaga besar dan bersifat lebih sabar dari tipe sapi pekerja yang lain. Ukuran tubuh besar dan lebih tahan terhadap kepanasan kehausan dan lapar, serta dapat mengkondisikan diri dengan mengkonsumsi pakan berkualitas rendah sekalipun. Sapi PO betina memiliki sifat serta standar hasil reproduksi yang lebih baik dibandingkn dengan  sapi madura dan sapi bali, dan terlebih lagai harga sapi ongole jelas lbih tinggi ketimbang kedua sapi terebut.

harga sapi ongole terbaru

Ciri Khas Sapi Ongole

Ciri khas sapi ongole dapat dikenali dari warna bulu yang bermacam-macam mulai berwarna putih hingga berwarna putih kelabu bercampur kuning oranye yang keabu-abuan. Pada sapi ongole pejantan pada bagian leher dan bagian punuk sampai bagian kepala memiliki warna putih keab-abuan, sementara anak sapi ongole yang baru lahir memiliki warna coklat dan selnjutnya akan berubah menjadi putih kelabu.

Punuk besar dan berglambir adalah ciri khas yang dimiliki sapi ongole. Dengan Bentuk telinga yang panjang menggantung. Profil kepalanya relatif pendek dan melengkung, peringai tenang dan matanya besar. Lebar kulit sekitar kelopak mata antara 1 cm, berwarna hitam, tanduk sapi ongole betina lebih panjang dari pada tanduk sapi jantan, hanya memiliki tanduk yang pendek, terkadang hanya memiliki tanduk kecil saja. Sapi jantan dapat mencapai tinggi antara 150 cm dan bobot antara 600 kg, semetrara sapi ongole betina dapat mencapai tinggi antara 135 cm dengan bobot antara 450 kg.

Kelebihn yang dimiliki Sapi Ongole adalah, sapi betina dapat kawin mulai umur 18 bulan, dapat melahirkan anak pertama pada umur 30 bulan, pejantan sudh mampu kawin pada umur 30 s/d 36 bulan, berbobot besar, dengan jumlah daging yang juga otomatis banyak, masih dapat bertahan hingga suhu 40 derajat celcius. serta masih mampu berkembang dengan pakan kwalitas kurang bagus atau rendah.

Ciri Khas Sapi Peranakan Ongole Sapi PO

Sapi peranakan ongole atau sapi PO memiliki ciri-ciri khusus sebagai berikut. Menurut penuturan Ir Heru Wahyono sebagai Kabid Peternakan dan Produksi Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kebumen, sapi PO mempunyai bentuk muka yang agak cembung serta pendek dengan lingkar mata berwarna hitam. bermoncong rata dengan warna hitam, memiliki tanduknya berwarna gelap dan lengkunganya mengarah ke belakang. Pada sapi PO betina bentuk tanduk lebih panjang dari sapi PO jantan.

Ternak sapi potong jenis ongole

Mempunyai tulang belikat besar, serta punuk sudah ada sejak dari lahir. Memiliki pusar yang panjang dan berwarna putih, serta memiliki posisi uyeng-uyeng yang tidak segaris lurus dengan posisi pusar. Sapi PO Kebumen pejantan mempunyai ciri khas, yaitu berdahi lebar ementara matanya sipit.

Ciri lain dari sapi PO adalh terletak pada bentuk telinga yang berdiri, agak lebar serta bisa bergerak dengan leluasa. Lehernya yang panjang bergelambir warna putih. Gelambirnya yang tebal dari depan membelah dua.

Sapo Po mempunyai bentuk punuk yang besar, tegak serta menonjol ke belakang dan tidak jatuh. Berat sapi PO yang baru lahir bisa mencapai di atas 28 kg.

Harga sapi kurban jenis ongole

Demikian tadi uraian singkat tentang pengenalan terhadap sapi ongole dan api PO atau peranakan sapi ongole beserta cici-cirinya masing-masing. Disamping itu juga telah dibahas Masing -masing Kelebihan sapi ongole dan juga kelebihan Sapi PO.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terima Kasih atas kunjungan Anda.Ini adalah website review untuk jualan sapi atau jual sapi online ,jual kambing dan hal hal yang berhungan dengan usaha peternakan hewan
error: Content is protected !!