Sapi Madura – Sapi Kurban Primadona

Sapi Madura adalah tipe sapi multi fungsi, bisa sebagai sapi pedaging atau sapi pekerja. Sapi ini adalah hasil blasteran jenis sapi kerabat Banteng (Bos Sondaicus) dengan sapi zebu(Bos Indicus). Sehingga Ciri-ciri dari keduanya yaitu bos sandaicus dan bos indicus masih dapat terlihat pada sapi ini. Dimadura sendiri sapi tersebut sering digunakan untuk kompetisi karapan sapi madura. Para pengusaha ternak sapi potong di Indonesia sudah banyak menggunakan sapi ini sebagai salah satu sapi unggulan untuk usaha peternakan mereka.

Bisnis sapi potong

Sapi pejantan berpostur lebih teguh bagian depan juka dilihat dari bagian tubuh belakang yang agak memiliki punuk, sementara sapi betina tidak mempunyai punuk. Sapi asli Madura mempunyai ciri khas dengan bentuk tanduk setengah bulan yang melengkung kearah depan pada bagian ujung tanduknya. Baik sapi jantan atau betina semuanya berwarna merah bata. Tinggi Sapi madura mencapai  antara 118 cm dengan bobot sapi madura mencapai antara 350 kg.

Usaha ternak sapi

Bisnis Ternak Sapi Madura Sangat Menjanjikan

Sapi madura memiliki keunggulan tersendiri juka dibanding dengan sapi lokal yang lain di Indonesia, diantaranya adalah mudah dikembang biakkan bahkan dimanasaja, serta mudah dalam memeliharanya, memiliki ketahanan yang baik terhadap beberapa penyakit sapi, tetap tumbuh dengan baik meski dengan pemberian pakan berkualitas rendah sekalipun.

Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, Sapi madura bahkan diminati oleh para peneliti dari Negara asing dan tentunya selain itu banyak diminati oleh para peternak Indonesia. Pengiriman sapi ini kedaerah lain diluar Madura sudah banyak dilakukan. Dalam masyarakat madura sendiri sapi ini sudah begitu lekat dihati masyarakatnya. Sapi madura dianggap telah banyak berjasa terhadap kehidupan sebagian besar para petani Madura. Maka juka tidak perhatikan dengan baikpopulasinya sat ini, mungkin saja kedepan Sapi ini di pulau madura sendiri dapat terancam habis populasinya, bahkan disisi lain kemurnian ras dari sapi madura juga akan terancam karen besarnya jumlah sapi madura yang dikirim keluar Madura. Berkat jasa sapi madura area pertanian warga yang tandus bisa ditumbuhi berbagia tanaman dengan menggunakan bantuan tenaga sapi ini. Bahkan jalan-jalan yang sulit dilalui oleh alat transportasi bermorot dapat di taklukkan dengan menggunakan pedati yang titarik oleh sapi pajikaran, sapi penarik pedati di Madura disebut sebagai sapi pajikaran.

Bisnis peternakan

Disamping itu Sapi Madura merupakan salah satu aset penting bagi pariwisata di pulau Madura dengan budaya yang terkenal di dunia yaitu kerapan sapi madura. Sapi Madura sangat berpengaruh kepada tradisi lokal budaya petani madura yang berpengaruh baik terhadap kelestarian Sapi Madura sendiri.

Peluang Usaha Peternakan Sapi Madura

Karena berbagai kelebihan sapi Madura yang dimilikinya banyak pembeli mencari sapi Madura sebagai primadona baru. Karena daging tebal, bertulang kecil, dan kandungan lemak yang relatif lebih sedikit ketimbang daging sapi yang lain, sapi ini layak dijadikan sebagai sebagai salah satu sapi ternak pedaging unggulan jenis lokal. Hingga saat  sapi ini  telah menjadi buruan pembeli hewan kurban di kota Surabaya.

Sementara harga termurah Sapi limosin, sapi brahma  berkisar 15 juta rupih. Lain hal harga sapi Madura sangatlah terjangkau bila dibanding dengan kedu sapi terssebut, mulai dari 6,5 juta rupiah hingga 20 juta rupiah.

Tingginya permintaan sapi Madura asli berdampak positif bagi peternakan sapi potong madura dan pelaku bisnis sapi madura. Bp. Qhoiron misalnya. mampu menjual 460 sapi dari jumlah stok sapi 600 ekor menjelang Idul Adha tahun kemarin.

Bisnis ternak sapi

Demikianlah informasi tentang sapi Madura, yang saat ini telah menjadi incaran para pembeli sapi kurban karena harganya yang terjangkau dan memiliki daging tebal dengan tulang yang relatif kecil serta lemak yang terkandung lebih sedikit dari daging sapi lain. Semoga Informasi diatas dapat bermanfaat bagai para pembaca sekalian, terimakasih telah berkunjung dan menyempatkan diri membaca artikel ini. Untuk uraian tentang jenis sapi yang lain bisa baca selengkapnya ke sini 

2 Comments

  1. muhajir March 14, 2015 Reply
    • admin March 18, 2015 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terima Kasih atas kunjungan Anda.Ini adalah website review untuk jualan sapi atau jual sapi online ,jual kambing dan hal hal yang berhungan dengan usaha peternakan hewan
error: Content is protected !!