Sapi Charolais – Sapi Pedaging Unggul yang Terkenal di Perancis

Sapi charolais ini adalah jenis sapi unggul yang dikembangkan di negara Perancis, Sapi charolais memiliki ciri khas warna bulu perak atau krem muda dan merupakan jenis sapi terbesar di negara Perancis, sapi charolais ini jarang di jumpai pada pasar-pasar tradisional di Indonesai. Sapi charolais adalah sapi Perancis yang merupakan salah satu jenis sapi pedaging terkenal di Negara Perancis sendiri.
Usaha peternakan sapi
Sapi charolais didatangkan ke Amerika Serikat seperti Lousiana, Florida dan khususnya daerah Texas. Sapi charolais disilangkan terutama dengan Brahman serta dengan jenis sapi lainya.  Sapi ini memiliki warna bulu krem muda dan agak keputih-putihan. Postur tubuhnya padat berisi dan besar.
Bobot sapi charolais jantan yang sudah mencapai usia dewasa mampu mencapai antara 1000 kg, sedangkan Sapi charolais betina yang sudah mencapai usia dewasa dapat memiliki bobot berkisar antara 750 kg. Pada saat masa pertumbuhan sapi Charolais mampu mencapai pertambahan bobot sekitar 1,3 kg per hari.

Teknik Penggemukan Sapi Charolais

Berikut Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para peternak yang bergerak di bidang penggemukan sapi potong:

  • Waktu yng dibutuhkan untuk proses penggemukkan sapi pedaging atau sapi potong adalah antara 3 bulan s/d 6 bulan atau disesuaikan dengan umur dan kondisi bakalan sapi yang digunakan.
  • Sapi potong siap jual harus mencapai berat minimal : untuk sapi potong lokal tidak kurang dari 250 kg dan untuk sapi dari hasil  persilangan atau sapi impor 350 kg
  • Pengurangan pakan hijau, penambahan ransum sapi potong dan konsentrat selama sebulan terakhir sebelum sapi potong dipasarkan hendaknya dilakukan. Serta waktu henti obat(withdraw) hendaknya diperhatikan dalam penggunaan anti biotik dan chemotropic.

Gambar sapi qurban

Usia Ideal Bakalan Sapi Charolais

Usia bakalan sapi charolais ideal untuk digemukkan dalam penggemukan adalah mulai usia 18 bulan atau 1.5 tahun sampai dengan 2,5 tahun. Pada usia terebut sapi charolais pertumbuhan tulang dan giginya sudah cukup bagus sudah mulai maksimal dengan demikian tinggal memaksimalkan penambahan massa otot atau dagingnya. Dan pada usia terebut gejala fatt (perlemakan) sudah mulai muncul. Bakalan sapi charolais pada usia di bawah 1.5 tahun biasanya lebih lambat proses gemuknya, dikarenakan pada usia dibawah 1.5 tahun adalah usia pertumbuhan tulang dan gigi hingga mencapai sempurna olehkarenanya sangat rentan resiko penyusutan daging. Disamping itu adaptasi sapi pada tempat yang abru juga akan mempengaruhi proses penambahan bobot sapi, selain hal tersebut pergantian pola pakan dan teknis perawatan serta penyakit juga akan mempengaruhi pertumbuhan sapi charolais. Jenis sapi simental dan sapi charolais maupun dari silangannya dengan sapi PO ketika masih berumur 1,5 tahun sudah memiliki berbobot antara 350 kg s/d 400 kg, sedang sapi PO murni hanya berkisar antara 185 kg s/d 275 kg saja. Dengan demikian mulai dapat dihitung secara teknis penilaian ideal sistem pemeliharaaan serta transaksi jual belinya.

Ternak sapi pedaging

Masa Pemeliharaan Sapi Charolais

Sapi yang diperuntukkan dengan masa panen jangka pendek antara 100 hari maka jenis charolais dapat dijadikan pilihlah, karena sapi charolais mampu bertambah minimal 100 kg saat panen.

Secara garis besar ada dua tahapan yang dapat diterapkan pada sistem pasca panen sapi charolais yaitu:

  • Sapi charolais untuk dijadikan bibit: Pedet atau bibit sapi charolais yang siap dijual sudah mencapai usia antara 12 bulan s/d 18 bulan  berbadan sehat dan padat berisi
  • Sapi charolais untuk dijadikan sapi potong: telah mencapai umur setidaknya 30 bulan memiliki berat badan antara 400 kg.

Sapi charolais yang akan dipasarkan sebagai bibit ataupun sebagai sapi potong sebaiknya diperiksa terlebih dahulu kesehatannya.

Usaha sapi

Demikian tadi uraian singkat tentang bagaimana sistem pemeliharaan sapi charolais pada peternakan sapi di Indonesai. semoga dapat menjadi gambaran bagi para pembaca dan semoga bermanfaat. trimakasih telah berkunjung.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terima Kasih atas kunjungan Anda.Ini adalah website review untuk jualan sapi atau jual sapi online ,jual kambing dan hal hal yang berhungan dengan usaha peternakan hewan
error: Content is protected !!