Sapi Brahman – Sapi Potong Kwalitas Super dari India

Sapi brahman adalah turunan baru pengembangan dari sapi zebu yang berasal dari negeri India, bila kita dengar dari namanya yaitu “Brahman” dengan mudah kita tebak bahwa sudah pasti sapi jenis ini adalah sapi dari negeri India, memang benar adanya sapi ini berasal dari sana. Pada mulanya  jenis sapi ini berukuran tidak begitu besar, setelah hasil dari pengembangan yang lebih baik maka ditemukanlah kwalitas yang bagus, barulah sapi ini mulai meramaikan expor dan impor sapi dunia termasuk juga diimpor oleh negara kita Indonesia. Sapi tersebut dikembangkan lebih lanjut lagi di Amerika. Sapi brahman hingga saat ini sudah banyak dipakai sebagai usaha budidaya sapi potong yang sudah banyak dikembangkan di berbagai tempat peternakan sapi potong di indonesai. Selain sapi limosin, sapi bali dan sapi PO atau peranakan dari sapi ongole. Sapi Brahman merupakan salah satu dari sekian jenis sapi unggul hingga saat ini.

Sapi brahman super

Sapi brahman mempunyai khas sebagai ciri yang paling kentara adalah Postur sapi brahman yang sangat besar, mempunyai kuran punuk yang besar, berkulit lebar, memiliki ukuran glambir yang juga besar dan lebar. Bahkan Bobot dan karkasnya mampu tidak kalanh dengan jenis sapi limosin. Sapi jenis ini bisa memiliki bobot lebih dari 1 ton juka Kita bandingkan dengan jenis sapi lokal yang hanya mampu mencapai bobot antara 500kg yang berarti sapi ini terpaut hingga dua kali lebih berat dari sapi potong di indonesia dari jenis lokal seperti sapi bali dan sapi madura. Keunggulan lain dari sapi brahman adalah memiliki ketahanan fisik yang baik, pada kebanyakan sapi impor selain sapi brahman ini rata-rata ketahanan fisiknya tidak sebaik sapi lokal, maka sapi brahman termasuk mempunyai tingkat ketahanan fisik sangat bagus. Bhkan sapi brahman masih dapat tumbuh dengan bagus meskipun diberi pakan dengan kwalitas yang kurang baik sekalikpun, dengan tidak bermaksud sapi brahman cukup diberi pakan secara sembarangan, dan apabila sapi brahman diberi paka dengan kwalitas yang bagus maka, dengan dengan maksimal sapi ini akan berkembang dan tumbuh mencapai bobot tinggi dengan cepat. Sapi brahman ternyata juga tahan terhadap serangan caplak yaitu salh satu parasit yang merugikan keehatan dan pertumbuhan sapi. Sehingga sapi brahman disebut sebagai salah satu sapi pedaging terbaik dunia.

 

Jenis Dari Sapi Brahman

Sapi BX

Sapi BX – Atau sapi brahman cross, yang biasa disebut sapi BX adalah jenis sapi hasil dari pengembangan sapi brahman Amerika. Pada mulanya sapi BX ini berasal dari persilangan antara sapi brahman amerika dengan sapi jenis sapi hereford dan shorthorn yang dikembangkan di Australia, dan  sapi ada juga sapi brahman yang di kawin silangkan dengan jenis sapi droughmaster dari jenis sapi perah.

Ternak sapi brahman

Sapi Brahman Amerika

Peternak Amerika dalam menghasilkan kelahiran sapi brahman unggul adalah suatu keberhasilan yang sangat gemilang untuk peternak sapi dalam sejarah Amerka, pada tahun 1850an. Secara genetik sapi brahman Amerika sangat bagus sebagai sapi cross atau sapi persilangan, jenis sapi brahman amerika banyak diminti para pengusaha peternak sapi skala besar di dunia. Sapi brahman amerika hingga saat ini adalah jenis sapi brahman unggul yang paling populer. Sehingga impor dan expor sapi brahman amerika sangat tinggi baik di negara-negara eropa dan Australia. Kualitas daging dan ketahan fisik sapi brahman belum belum ada yang dapat menyaingi. Namun di Indonesia cukup susah menemukan peternakan sapi yang menbudidaykan sapi brahman asli dari sapi brahman Amerika. Sapi brahman Amerika dewasa dapat mencapai bobot s/d 1,1 ton untuk sapi jantan, sedangkan sapi brahman amerika betina dapat mencapai bobot s/d 700 kg. Untuk bobot sapi brahman terberat tingkat dunia hingga saat ini belum diketahui catatannya.

Investasi sapi

Kabar keberhasiln persilangan sapi brahman yang lain adalah sapi brangus. Yang mana sapi brangus ini merupakan hasil persilangan dari sapi brahman dan sapi angus maka disebut “sapi brangus”. Telah diketahui bahwa sapi brahman memiliki daya tahan fisik yang sangat bagus terhadap serangan penyakit.

Harga Sapi Brahman dan Sapi Brahman Cross (sapi BX)

Saya yakin anda yang belum mengetahiu berapa harga sapi brahman hingga saat ini sudah pasti bertanya-tanya berapa harga pasarannya. Namun kami disini hanya dapat menginformasikan harga harga sapi brahman yang bersifat kisaran saja. kaarena hal itu tergantung pada banyak faktor selain faktor harga di setiap daerah sudah pasti berbeda-beda selain itu juga dari jenis peternakan dan persilangannya juga. Harga sapi brahman yangsudah siap potong dan dewasa berkisar antara 35 juta s/d 40 juta. Sedangkan untuk bibit sapi BX saat ini berkisar antara 16 juta hingga 18 juta, bibit sapi BX relatif lebih tinggi dari sapi bibit sapi limosin. Bakalan atau bibit sapi brahman berbobot antara 300kg s/d 400kg saat berumur 2 tahunan. Sapi brahman Sangat bagus sebagai sapi pedaging.

Sapi brahman cross

Demikian informasi yng kami sajikan tentang sapi brahman. bila anda membutuhkan informasi yang masih berkaitan dengan sapi, Anda dapat dapat mngikuti link-link berikut ini, misalnya tentang sapi limosin, sapi bali, dan sapi metal atau yang dikenal dengan sapi simental, anda bisa bisa klik salahsatu link tersebut. Terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Sekedar numpang promosi buat sobat yang sedang membutuhkan berbagai jenis sapi untuk kebutuhan aqiqah, quban, hajatan, usaha rumah makan dan untuk usaha jual beli sapi silahkan hubungi kami  kesini

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terima Kasih atas kunjungan Anda.Ini adalah website review untuk jualan sapi atau jual sapi online ,jual kambing dan hal hal yang berhungan dengan usaha peternakan hewan
error: Content is protected !!