Sapi Angus atau Sapi Aberdeen Angus Scotlandia

Sapi Angus atau Sapi Aberdeen Angus adalah sapi potong yang berasal dari Scotlandia Utara dan merupakan keturunan dari Bos Taurus. Sapi Aberdeen Angus atau juga disebut Sapi Angus, kulit berwarna hitam adalah karakteristik yang dimiliki oleh sapi ini, tidak terlihat tanduknya, postur tubuh dalam dan lebar, terlihat seperti balok, bentuk tubuh relatif rata, memiliki tingkat kepadatan urat daging yang bagus. Sehingga sapi Angus atau Aberdeen angus adalah jenis sapi unggul ber kwalitas super.

jual sapi

Beternak Sapi Angus atau Sapi Aberdeen Angus

Sapi yang ternakkan dengan tujuan sebagai penghasil daging merupakan pengertian dari sapi potong atau bisa juga disebut sapi pedaging. Sehingga sapi potong biasa juga disebut dengan sapi pedaging. Sapi pedaging atau sapi potong mempunyai kriteria tersendiri antara lain, memiliki ukuran tubuh yang besar, berbentuk seperti balok atau persegi empat, memiliki daging dengan kwalitas yang bagus sehingga gampang untuk perdagangkan, tingkat pertumbuhan yang relatif lebih cepat dari sapi biasa, tingkat penyerapan pakan yang efisien, dewasa dengan lebih cepat.

Peternak sapi

Dengan karakteristik yang lebih unggul dari sapi biasa maka sapi potong adalah jenis sapi khusus yang dipelihara untuk usaha penggemukan sapi. Pada umumnya dimulai dari sapi bakalan yang ternakkan dan dipelihara dengan intensif selama kurun waktu tertentu, dengan tujuan diperolehnya peningkatan bobot sapi yang ideal untuk selanjutnya dijual sebagai sapi dipotong.
Sapi potong dapat dipelihara dengan Sistem yang dapat dibagi menjadi 3, yaitu sistem pemeliharaan intensif, semi intensif dan ekstensif. Pemeliharaan dengan sistem intensif adalah semua sapi dipelihara didalam kandang sementara peternak telah menyediakan kebutuhan pakan dan minum sapi. Pemeliharaan sapi dengan sistem ekstensif adalah pemeliharaan dengan sistem penggembalaan dan semua kegiatan dilakukan di area pengembalaan tersebut. Sementara sistem pemeliharaan semi intensif adalah  sistem pememeliharaan sapi dengan cara digembalakan namun peternak yang menyiapkan pakan dan minum untuk ternak sapi, disebut juga penggabungan dari sistem ekstensif dan intensif.

Salah satu jenis sapi potong unggul adalah sapi Aberdeen Angus atau sapi angus. Dikarenakan sapi angus kebetulan adalah sapi yang berwarna hitam pekat seperti angus atau hangus maka nama sapi aberdeen angus ini mudah untuk diingat dengan sebutan sapi angus. Sapi ini popular dengan sebutan sapi Aberdeen Angus. Karena sapi angus adalah sapi yang berasal dari suatu dataran tinggi di Skotlandia yang bernama Abardeen Shire dan Aungushire. Sapi ini tidak berpunuk dan juga tidak memiliki tanduk.  Perawakanya bulat dan pendek, aktif bergerak dan lincah. Sapi angus betina dewasa dapat mencapai berat antara 550 kg s/d 750 kg, semetara sapi aberdeen angus jantan dapat mencapai bobot antara 800 kg s/d 1000 kg.

Jual sapi bakalan

Mengenal Sapi Angus atau Sapi Aberdeen Angus

Sapi agus masuk Indonesia sekitar tahun 1974 dan pertamakali didatangkan dari Negara Selandia Baru. Sapi dengan bulu berwarna hitam Aberdeen angus dari negeri Skotlandia ini memiliki tubuh yang rata serta meiliki tekstur daging yang padat. sapi angus sangat cocok untuk dijadikan sebagai sapi pedaging. Karena pada umur 18 bulan saja sapi ini bisa mencapai bobot antara 650 kg. Jeni sapi aberdeen angus ini banyak dipkai pada grading up dan crossbreeding guna mendapatkan jenis sapi pedaging bermutu tinggi.

Sapi red angus atau Sapi angus berwarna merah adalah seperempat dari keturunan sapi angus yang berasal dari perkawinan sesama jenis sapi angus, jika sesama jenis sapi angus dikawinkan maka seperempat dari keturunannya akan memiliki tubuh berubah berwarna merah dan tidak bertanduk maka disebut red angus. Sapi Aberdeen Angus bersifat dominan. Sehingga untuk menghasilkan keturunan yang tidak bertanduk, sapi angus banyak dimanfaatkan untuk itu. Memiliki postur badan yang kompak dan panjang. Kemudahan saat diternak serta memiliki sifat keibuan yang tinggi. Dapat memcapai masa pubertas lebih cepat dalam umur yang lebih dini. Daging sapi angus banyak disukai konsumen karena bertekstur halus dan padat. Kemampuan sapi angus dalam menurunkan marbling atau perlemakan dalam daging terhadap ke anak-anaknya adalah salah satu keistimewaan dari sapi ini.

Jenis sapi unggul

Keuntungan beternak sapi keuntunganya sangat banyak, selain sebagai penghasil daging, beternak sapi juga menghasilkan limbah kotoran sapi yang dapat dijadikan sebagai pupuk kandang bahkan sapi ternak juga dapat dijadikan sebagai pekerja misalnya dapat digunakan untuk menarik gerobak, limbah kotoran sapi bisa mempunyai nilai jual, karena kotoran sapi bisa dijadikan sebagai pupuk organik yang dapat bermanfaat bagi semua jenis tanaman pertanian. Kotoran sapi dapat memperbaiki struktur tanah sehingga menjadi lebih gembur dan subur karena kotoran sapi dapat menjadi sumber hara yang yang baik bagi tanah. Bahakan tidak hanya daging dan susu saja yang dapat dimanfaatkan dari sapi, Semua bagian dari tubuh sapi dapat menjadi barang barang yang bermanfaat.

berikut bebrapa manfaat dari seluruh organ sapi selain susu dan daging:

  • Kulit Sapi – Dapat dijadikan bahan pokok industri seperti sepatu , tas, ikat pinggang, jaket, topi dan dompet.
  • Tulang Sapi – bisa duijadikan bahan baku lem/perekat, aneka barang kerajinan dan sebagai tepung tulang untuk tambahan pakan ternak.
  • Tanduk Sapi – Bisa dijadikan sebagai bahan baku aneka kerajinan tangan seperti halnya hiasan dinding dan sisir  dan masih banyak lagi manfaat yang bisa didapat dari sapi untuk manusia.

Pada umumnya, setiap sapi membutuhkan makanan berupa hijauan. Sapi dalam masa pertumbuhan, sedang menyusui, dan supaya tidak jenuh memerlukan pakan yang memadai dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Pemberian pakan dapat dilakukan dengan 3 cara: yaitu penggembalaan (Pasture fattening), kereman (dry lot faatening)
dan kombinasi cara pertama dan kedua.

Ciri-ciri dan Keunggulan Sapi Angus Atau Aberdeen Angus

Ciri-ciri sapi angus antara lain berwarna hitam, telinga pendek, leher pendek, berpunggung lurus, badan padat dan kompak, Kaki-kaki kuat dan kekar.

Keunggulan sapi angus antara lain adalah bertubuh besar dan berdaging banyak, pertumbuhannya cepat, mampu beradaptasi dengan  pakan yang bermutu rendah serta lingkungan tropis Indonesia, dapat mencapai bobot yang maksimal dengan sapi aberdeen angus dewasa dapat mencapai bobot antara 800 kg s/d 1000 kg.

Sapi potong di indonesia

Demikian tadi informasi tentang Sapi Aberdeen Angus Atau juga disebut sebagai Sapi Angus yang dapat kami rangkum untuk para pembaca sekalian. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terimakasih atas kunjunganya.

One Response

  1. arnold kurniawan August 3, 2015 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terima Kasih atas kunjungan Anda.Ini adalah website review untuk jualan sapi atau jual sapi online ,jual kambing dan hal hal yang berhungan dengan usaha peternakan hewan
error: Content is protected !!