Pengertian Kambing Gibas Dan Domba

Kambing Gibas – Baik kambing maupun domba, kedua jenis hewan peliharaan ini telah sejak lama di manfaatkan oleh manusia. Sejak tahun 7000 SM, hewan kambing telah dimanfaatkan sebagai hewan ternak oleh manusia, dan sejak 9000 SM, hewan ternak domba sudah lebih dahulu di domestikasi oleh manusia untuk diambil manfaatnya. Dengan hasil berupa bulu, daging dan susu adalah yang dapat dimanfaatkan umumnya oleh manusia dari kedua binatang ternak tersebut. Sementara kabing dan unta dimanfatkan oleh bangsa arab sejak zaman duhulu sebagai salah satu hewan ternak penghasil susu.

 peluang usaha ternak

Diantara makanan yang kita konsusmsi sehari-hari, Susu adalah termasuk yang paling penting. Susu memiliki kandungan nutrisi yang banyak, sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Bahkan susu adalah makan pokok bagi bayi yang baru dilahirkan oleh ibunya.

Sejak ribuan tahun yang lalu sistem pengobatan dengan menggunkan susu kambing sudah dikenal masyarakat. Kandungan gizi yang didapat dari susu hewan ruminansia ini, kahsiatnya telah terbukti oleh berbagai penelitian, Meskipun tanpa dimask terlebih dahulu, susu kambing ini dapat dikonsumsi langsung layaknya ASI. Serta perlu diketahui bahwa kualitas dari susu kambing adalah lebih baik dari pada susu sapi.

Perbedaan Kambing Gibas Dengan Domba

Untuk kambing gibas, terkadang kebanyakan orang masih belum begitu faham perbedaan antara kambing dengan domba. Bagi anda yang masih bingung mungkin ini dapat memberikan penjelasan tentang kambing gibas dan domba.

Kambing

  • Berbulu Lurus.
  • Tidak begitu menyukai bergerombol dengan kawananya.
  • Ekornya Mengarah ke atas.
  • Makanan cenderung menyukai dedaunan.
  • Kelenjar tanduk Ada.
  • Kaming gibas jantan bau prengus.

Dombausaha ternak

  • Lebih meyukai hidup secara Bergerombol dengan kawananya.
  • Berbulu ikal serta rapi.
  • Ekornya terkulai.
  • Lebih menyukai makanan berupa rerumputan.

Dari bebrapa perbedaan diatas para pembaca dapat menyimpulkan, bahwa gibas adalah termasuk kambing ataukah domba. Dan jika dilihat ciri-ciri gibs, maaka hewan ternak jenis yang satu ini adalah termasuk dalam jenis domba.

 

Berdasarkan kegunaannya, kambing dan doma dapat dibagi dalam 3 tipe, antara lain:

Tipe Pedaging

Contoh kambing tipe pedaging adalah kambing kacang, kambing tipe pedaging diternak dengan tujuan untuk diambil manfaat dagingnya.

Tipe Perah

Contoh kambing tipe perah adalah kambing Saanen yang berasal dari negara Swiss, dengan kemampuan memproduki susu antara 5 hingga 7 Liter per hari. Kambing tipe perah diternak untuk dimabil manfaat susunya.

Tipe Dwiguna

Contoh kambing tipe dwiguna adalah kambing peranakan etawa atau kambing PE, yang mana kambing iniĀ  adalah hasil persilangan kambing Etawa dari india dengan kabing lokal Indonesia.

Itulah sedikit artikel tentang penjelasan antara Domba dengan Kambing gibas, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terima Kasih atas kunjungan Anda.Ini adalah website review untuk jualan sapi atau jual sapi online ,jual kambing dan hal hal yang berhungan dengan usaha peternakan hewan
error: Content is protected !!