Mengenal Lebih Dekat Tetang Domba Dorper dari Afrika Selatan

Domba Dorper adalah domba pedaging unggul yang berasal dari negara Afrika Selatan. Dan merupakan domba hasil persilangan antara domba Dorset dengan domba Persia berkepala hitam. yang dilakukan oleh Departemen Pertanian negara Afrika Selatan. Sedangkan nama domba Dorper sendiri adalah brasal dari suku kata ‘Dor’ dan ‘Per’, yang mana kata Dor berasal dari kata Dorset (Domba Dorset) dan kata Per berasal dari kata Persia (Domba Persia berkepala hitam). Domba Dorper adalah trah domba yang paling banyak dikembangkan oleh para peternak di negara Afrika Selatan sebagai domba pedaging, Karena Domba Dorper ini memiliki keunggulan sebagai domba pedaging. Kelebihan domba ini adalah kemampuannya dalam bertahan hidup dan berkembangbiak dengan baik di daerah gersang dan beriklim tropis seprti negara Afrika Selatan. Dan Indonsia adalah termasuk negara dengan iklim tropis, maka domba Dorper cocok diternakkan di Indonesia.

Domba qurban

Gambar Domba Dorper Arfika Selatan

Bisa dilihat dari tampilkan gambar Domba dorper, bahwa domba ini adalah salah satu galur domba pedaging unggul dengan jelas sekali memperlihatkan tampilan fisik dengan karakteristik nyata domba pedaging, sebagaimana domba pedaging atau kambing pedaging yang lain dari jnis unggul seperti Domba merino, domba texel, domba suffolk, domba batur serta kambing Boer dan beberapa jenis kambing dan domba lain tipe pedaging unggul.

Bahkan Domba dorper dari Afrika slatan ini mampu berkembang biak dengan baik di daerah bersuhu dingin seperti negara Tasmania. Selain dinegara asalnya sendiri yaitu Afrika Selatan, domba Dorper ini juga telah banyak dikembangkan di negara Australia. Domba ini banyak di ternakkan di kawasan negara Australia yang bercurah hujan tinggi, serta kawasan benua Australia dengan daerah gurun pasir beriklim tropis.

Sebagian domba Dorper ada yang kepalanya berwarna hitam dan ada juga yang keseluruhan tubuhnya berwarna putih. Domba ini memiliki Postur tubuh yang dalam, lebar, panjang, serta padat berisi. Domba pejantan mampu mencapai bobot hidup antara 110 sampai 130 kg, semantara domba betina dapat mencapai bobot hidup antara 80 hingga 110 kg. Baik domba dorper berkepala putih maupun berkepala hitam, keduanya memiliki kualitas yang sama dalam hal mutu. Jadi soal warna tidak berpengaruh. Sehingga domba dorper berkepala hitam atau berkepala putih, keduanya disukai oleh para peternak di Negara Australia tersebut untuk ditrnakkan.

Domba kurban

Karakteristik Domba Dorper

Domba ini memiliki karakteristik khas, dimana ketika domba dorper ini berada di negara-negara yang mempunyai empat iklim, dan pada saat musim gugur dan musim dingin maka bulu domba dorper akan tumbuh dengan lebat. Namun ketika giliran datang musim semi dan musim panas, maka bulu domba ini akan rontok atau luruh dengan sendirinya, dan yang tinggal hanyalah bulu halus yang mirip dengan bulu kambing biasa. karena memang domba ini termasuk diklasifikasikan sebagai hair sheep (domba bulu), yaitu jenis domba dngan kadar bulu yang lebih besar daripada jumlah wolnya. Dan berbeda dengan jenis domba penghasil wol, dimana wol akan tumbuh lebat dan dapat dilakukan pencukuran secara rutin, sehingga wol yang dihasilkan dapat dimanfaatkan sebagai bahan kain wol yang mahal harganya. Sebagai domba bulu, domba Dorper tidak perlu dicukur. Di luar negeri yang beriklim empat musim, bulu domba Dorper ini tumbuh cukup lebat di musim gugur dan dingin. Namun demikian, ketika memasuki musim semi dan musim panas, bulu yang lebat tadi luruh dengan sendirinya sehingga yang tertinggal hanya bulunya yang mirip dengan bulu kambing.

Domba aqiqah

Untuk saat ini harga domba dorper jantan dewasa dapat mencapai antara Rp. 3,8 juta hingga Rp. 5 juta untuk setiap ekornya.

Demikan tadi artikel yang berisi informasi tentang domba Dorper dari Afrika Selatan, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi semua pembaca sekalian. wassalam.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terima Kasih atas kunjungan Anda.Ini adalah website review untuk jualan sapi atau jual sapi online ,jual kambing dan hal hal yang berhungan dengan usaha peternakan hewan
error: Content is protected !!