Mengenal Karakteristik Domba Ekor Tipis

Domba ekor tipis merupakan jenis domba yang populasi-nya banyak dijumpai terutama di pulau jawa seperti Jawa Barat dan Jawa Tengah, domba oleh orang jawa dikenal dengan sebutan wedus gembel. Domba ekor tipis tergolong dalam jenis domba berukuran kecil, domba ekor tipis dapat mencapai bobot rata-rata 20 s/d 30 kg. Dengan bulu yang berwarna putih dan pada umumnya domba ekor tipis memiliki bercak hitam di sekitar mata. Beda halnya dengan domba ekor gemuk, domba ini hanya memiliki ekor yang tipis dan tidak memiliki timbunan lemak pada bagian ekornya.

Jual kambing

Ciri-ciri Yang Terdapat Pada Domba Ekor Tipis

Berikut adalah ciri-ciri domba ekor tipis pada umumnya, sebagai tanda yang dapat digunakan untuk mengenali domba ini:

  • Pada umumnya domba ekor tipis jantan memiliki tanduk dengan bentuk melingkar.
  • Sementara pada domba betina tidak memiliki tanduk.
  • Bulunya relatif kasar dan tidak bagus sebagai bahan wol.
  • Domba ini merupakan domba asli Indonesia atau domba lokal Indonesia.
  • Memiliki sifat prolific atau dapat melahirkan anak kembar 2 bahkan sampai 5 ekor dalam sekali melahirkan.
  • Cocok diternak sebagai domba penghasil daging, yang biasa disebut domba pedaging atau domba potong.

Karena domba ini memiliki keunggulan sebagai domba prolifik, maka domba ekor tipis cocok dijadikan sebagai domba pedaging.

Jual domba

Rahasia Sukses Usaha Penggemukan Domba Ekor Tipis

Domba adalah hewan pilihan pada masa Nabi Ibrahim, sebagai pengganti Nabi Ismail(putera Nabi Ibrahim). Pada saat Nabi Ibrahim hendak melaksanakan perintah Alloh untuk menyembelih anaknya maka Alloh telah mengganti Anaknya dengan seekor kambing gibas, yang hingga kini adalah merupakan salah satu ibadah tahunan bagi umat islam, yaitu ibadah penyembelihan hewan qurban di hari raya Idul adha, bagi umat islam yang mampu. Diantara hewan ternak yang bisa di jadikan sebagai hewan qurban yaitu, domba, unta, sapi, kambing, kerbau dan yang lainnya. Dan pada umumnya di Negara indonesia hewan qurban yang sering di gunakan adalah kambing, domba dan sapi, karena hanya hewan-hewan tersebut yang mudah dijumpai di negara indonesia.

Dalam usaha penggemukan domba ekor tipis sebenarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan. Apabila peternak mau memperhatikan beberapa hal berikut ini, maka dapat dipastikan tingkat keberhasilan usaha penggemukan domba, akan semakin mudah dicapai. Berikut kiat-kiat dalam usaha penggemukan domba ekor tipis:

Menentukan Bibit Domba Ekor Tipis Yang Bagus

Bibit domba yang akan digunakan dalam usaha penggemukan domba harus dipilih dari bibit yang berkualitas baik, bibit domba yang berkualitas baik diantaranya memiliki kriteria sebagai berikut:

  • Memiliki tingkat keseatan yang baik.
  • Tidak memiliki cacat.
  • Berpenampilan fisik yang baik.
  • Berbulu bersih tampak seperti basah.
  • Keempat kakinya tegak dan kokoh.
  • Giginya rapat dan belum ada yang tanggal.
  • Disarankan memilih bibit domba jantan, karena proses pertumbuhannya lebih cepat dari pada yang domba betina.
  • Pilih domba jantan yang baru lepas dari sapihan induknya.
  • Pilih domba dengan pembawaan yang tenang, atau tidak begitu beringas.

domba yang cenderung beringas atau terlalu aktif, hal ini dapat mengurangi laju pertumbuhannya, karena energi yang digunakan relatif lebih besar digunakan untuk bergerak. selain itu domba yang terlalu aktif dapat merusak kandang.

Perawatan Kesehatan Domba ternak

Perawatan kesehatan terhadap domba ternak harus dilakukan semenjak pertama domba dipelihara. Perlunya menciptakan lingkungan kandang yang kondusif dan nyaman bagi domba ternak juga sangat baik bagi domba ternak guna menghindari tingkat stres yang tinggi pada domba ternak, sehingga tidak akan mengganggu laju pertumbuhan domba ternak. Lingkungan kandang yang kondusif dapat diciptakan dengan cara senantiasa menjaga kebersihan kandang, pemberian saluran udara tau ventilasi yang cukup pada kandang, serta memberikan cukup sinar matahari yang masuk kedalam kandang.

Bibit yang baru datang sebaiknya langsung diberi vaksinasi sebagai tidak pencegahan awal terhadap penyakit. Dan pemberian vaksinasi terhadap domba sebaiknya dilakukan sebelum domba dimasukkan kedalam kandang..

Pemberuan Pakan Domba

Pemberian pakan domba ternak dapat berupa hijauan berupa dedaunan atau rerumputan hijau. Selain itu pemberian pakan fermentasi juga dapat dilakukan dalam rangka penghematan serta dengan pakan fermentasi akan meningkatkan laju pertumbuhan domba. Bahan baku pakan fermentasi bisa berasal dari limbah pertanian seperti jerami, ingkong dan bekatul serta bahan lain yang yang terssedia di suatu didaerah tersebut.

Jika pada mulanya domba belum terbiasa dan menyukai pakan fermentasi. Hal ini dapat disiasati dengan jalan, pada satu pekan pertama pakan bisa diatur pemberian-nya secara bergantian antara pakan fermentasi dan pakan rumputan hijau segar. Dengan begitu domba ternak akan cepat beradaptasi dengan pakan fermentasi.

Pemberian pakan fermentasi pada domba penggemukan umur 3 bulan, cukup diberikan sebanyak 1 kg/hari. Pakan domba fermentasi diberikan dua kali pagi dan sore hari. Selain pemberian pakan, domba ternak juga harus diberikan cukup air minum. Berilah air minum kepada domba ternak berupa air yang bersih, 2 atau 3 kali dalam sehari.

Jual kambing jawa

Menejemen Kandangan Domba

Disarankan untuk menggunakan kandang dengan sistem portal, Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi tingkat stres yang akan terjadi pada domba ternak, karena ruang gerak-nya yang terlalu sempit. Selain itu agar domba ternak dapat saling berhubungan dengan domba yang lain. Ruang kandang dengan ukuran 120 cm x 160 cm, dapat diisi dengan 4 ekor domba.

Tempat pakan domba dapat diletakkan disisi dalam kandang dengan posisi saling berhadapan dengan barisan ruang kandang yang lain. Buatlah wadah pakan dari bahan yang murah dan mudah didapat seperti, bambu misalnya.

Atap kandang bisa dibuat dari bahan genteng, asbes atau bisa juga dengan bahan dari alang-alang atau daun rumbia.

Pentingnya menjaga kebersihan kandang domba, hal ini untuk menjaga kesehatan domba ternak demi keberlangsungan penggemukan domba itu sendiri. Lakukan pembersihan kandang secara berkala.

Jika memungkinkan untuk membuat lokasi umbaran untuk domba, lokasi umbaran sebaiknya berada disekitar kandang. Ini dimaksudkan agar pada saat kandang dibersihkan, domba bisa dipindahkan ke tempat lokasi umbaran. Dengan begitu dapat memberi kebebasan sebentar kepada domba, hal ini dapat mengurangi stres pada domba.

Jual kambing jawa randu

Masa Panen Domba

Waktu penggemukan efektif adalah selama kurang lebih 2 bulan saja. Masa penggmukan akan kurang efektif misalnya jika masa penggemukan lebih dari 60 hari, karena dengan melewati masa itu, domba akan melalui masa tanggal gigi yang mana dapat menurunkan bobot domba pada waktu peman. hal ini dikarenakan penggunaan bibit domba selepas dari sapihan induknya. Estimasi yang didapat dari sistem ini, dapat meningkatkan bobot domba antara 7 kg dalam waktu satu bulan.

berikut tadi informasi yang dapat kami rangkum, tentang domba ekor tipis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca semuanya. Bagai yang mempunyai rencana membeli hewan qurban seperti kambing dan domba, maka anda dapat menghububugi kami di menu hubungi kami. Terimakasih atas kunjungannya, wassalam.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terima Kasih atas kunjungan Anda.Ini adalah website review untuk jualan sapi atau jual sapi online ,jual kambing dan hal hal yang berhungan dengan usaha peternakan hewan
error: Content is protected !!