Mengeal Domba Batur dari Banjarnegara

Domba Batur merupakan jenis domba Indonesia peranakan domba Banjarnegara, Jawa Tengah, dimana domba jenis ini telah dikembangkan dalam beberapa tahun belakangan ini. Domba Batur dikenal sebagai salah satu domba yang dapat berfungsi ganda, dimana domba batur mampu menhasilkan bulu wol yang banyak dan bagus atau Jenis Domba Wol, slain itu domba ini juga dapat sebagi penghasil daging yang baik atau domba jenis domba pedaging, bahkan domba batur ini dapat mencapai bobot hingga 100 kg. atau katalain istilahnya domba batur Banjarnegara ini adalah tergolong sebagai domba dwiguna.

domba qurban semarang

Mengenal Karakteristik Domba Batur Banjarnegara

Domba batur merupakan salah satu jenis rumpun domba lokal, atau asli Indonesia, sebagaimana domba batur ini memiliki komposisi genetik serta keseragaman bentuk fisik dan kemampuan adaptasi yang baik terhadap lingkungan yang terbatas.

Domba Batur merupakan salah satu rumpun domba lokal indonesia yang mana domba ini memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dengan rumpun domba lokal Indonesia yang lainnya. Dimana hal tersebut adalah salah satu kekayaan sumber genetik dari hewan ternak lokal yang ada di Indonesia yang sangat perlu untuk kita lindungi kelestariannya.

Mengenai asal mula domba batur ini adalah domba turunan hasil dari persilangan antara domba ekor tipis Indonesia dengan domba merino. Perkembangan domba ini scara turun-temurun telah dilakukan oleh masyarakat kabupaten Banjarnegara sejak tahun 1974, dan otomatis domba ini telah menjadi milik masyarakat Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia. Populasi domba batur ini banyak berada di daerah kecamatan Batur dan daerah sekitarnya di kabupaten Banjarnegara.

Jual domba Semarang

Pada umumnya domba ini mempunyai warna bulu putih susu secara dominan, bulunya hampir menutupi semua bagian tubuh dari domba ini, karena pertumbuhan bulu wol-nya yang sangat lebat. Bobot domba batur pejantan adalah sekitar 108 kg, sementara bobot domba betina antara 82 kg. Domba ini baik pejantan maupun betina adalah masing-masing tidak mmiliki tanduk di kepalanya.

Menteri Pertanian Indonesia telah menetapkan bahwa domba batur merupakan salah satu rumpun domba lokal Indonesia yang mempunyai sebaran asli geografis di Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, dengan keputusan Nomor 2916/Kpts/OT.140/6/2011 tanggal 17 Juni 2011. Dimana domba batur adalah berasal dari persilangan antara domba merino dengan domba ekor tipis Indonesia dengan sebaran asli geografis di Kecamatan Batur dan sekitarnya, dan telah dikembangkan secara turun-temurun oleh masyarakat lokal, dan telah menjadi milik masyarakat Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah.

Mengenal Ciri-ciri Dari Domba Batur

Domba ini memiliki kehasan tersendiri yang merupakan ciri dari domba ini dan tidak dimiliki oleh jenis domba dari negara lain dan merupakan sumber daya genetik hewan ternak Indonesia yang perlu dipelihara kelestariannya, sehingga masyarakat indonesia dapat memperolah manfaat darinya berupa peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran.

Warna Tubuh dominan putih susu. Bulu putih. Kulit tubuh putih sampai kemerahan. Hidung putih. Telinga putih. Ekor putih. Kuku hitam. Bulu berupa wol halus dan lebat yang hampir menutupi seluruh permukaan tubuh. Jantan dan betina tidak bertanduk. Bentuk telinga kecil mengarah ke samping. Garis muka cembung. Garis punggung lurus sampai agak cekung. Bentuk ekor kecil dan pendek dengan ujung ekor meruncing. Bentuk tubuh besar dan panjang. Temperamen tenang.

Jual domba qurban Jawa tengah

Mengenai harga domba batur ini sekarang berkisar antara 3,8 juta Rupiah untuk domba pejantan dan betina yang bagus. Dan bagi anda yang sedang mencari bibit domba jenis apa saja, kami siap melayani dan mengirimnya keberbagai daerah dipulau jawa. Selain itu kami juga menyediakan berbagai macam jenis hewan qurban dan hewan aqiqah seperti Sapi, Kambing dan Domba. Anda dapat mnghubungi kami di 0877 0010 9727 atau klik link berikut.

Ciri Spesifik Sifat Kuantitatif Domba Batur

Secara spesifik domba batur ini memiliki ciri-ciri dan sifat kuantitatif sebagai berikut:

  • Ukuran permukaan tubuh: Tinggi pundak Jantan 77,6±1,7 cm, Betina 72,2±3,1 cm.
  • Bobot badan: Jantan 108±13,0 kg, Betina 82,0±4,5 kg.
  • Panjang badan: Jantan 106,2±8,8 cm, Betina 88,0±9,2 cm
  • Lingkar dada: Jantan 118,4±8,8 cm, Betina 95,2±5,8 cm.

kambing aqiqah Semarang

Ciri Spesifik Sifat Reproduksi Domba Batur

Sesaca spesifik domba batur memiliki ciri spesifik reproduksi sebagai berikut:

  • Umur kawin pertama       : 10  hingga 12 bulan
  • Umur beranak pertama   : 15 hingga19 bulan
  • Jumlah anak sekelahiran : 1 hingga2 ekor
  • Siklus berahi                      : 17 hingga 19 hari
  • Lama berahi                       : 25 hhingga 35 jam
  • Sifat keindukan                  : bagus

Demikian tadi artikel yang memuat informasi tentang domba batur Banjarnegara, semoga artikel ini dapat menjadi sumber informasi yang berguna khususnya bagi para pembaca sekalian. Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, Salam jualansapi.com.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terima Kasih atas kunjungan Anda.Ini adalah website review untuk jualan sapi atau jual sapi online ,jual kambing dan hal hal yang berhungan dengan usaha peternakan hewan
error: Content is protected !!