kotoran Sapi – Manfaat Limba Kotoran Sapi Bagi Manusia

Kotoran Sapi – dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk memproduksi biogas. Sementara biogas sendiri merupakan gas yang dihasilkan dari proses fermentasi dari bahan-bahan organik dalam istilahnya adalah aktivitas anaerobik, termasuk bahan yang dapat menghasilkan biogas adalah sebagai berikut:

  • Kotoran Hewan dan manusia, termasuk disini adalah kotoran sapi.
  • Limbah Rumahtangga
  • Semua jenis sampah organik.

Kandungan utama yang terdapat dalam biogas adalah metana dan karbon dioksida [sumber: id.wikipedia.org]

kandungan kotoran sapi

Manfaat Biogas dari kotoran sapi bagi Kehidupan Manusia

Biogas dari kotoran sapi sudah mulai banyak dimanfaatkan oleh masyarakat indonesia, namun khususnya disini adalah masyarakat pedesaan, yang mereka umumnya memiliki ternak sapi, atau tempat-tempat usaha peternakan sapi yang memang ketersediaan dari salah satu bana baku biogas yaitu kotoran sapi berlimpah. Pada umumnya pemanfaatan biogas ini di Indonesia sendiri masih didominasi oleh skala rumah tangga dan yang mereka umumnya berprofesi sebagai peternak sapi. Meskipun sebenarnya juga tidak menutup kemungkinan pemanfaatan biogas dari kotoran sapi ini untuk sekala yang lebih besar. Disini biogas dari kotoran sapi dapat memberikan beberapa keuntungan tersendiri bagi masyarakat yang menggunakannya, manfaatnya antara lain adalah:

  • Dapat mengurangi penggunaan bahan bakar yang tidak dapat diperbaharui antara lain seperti, minyak tanah, kayu bakar, dan sebagainya.
  • Menghasilkan produksi lain yang bermanfaat yaitu pupuk organik, yang sangat bermanfaat bagi tanah pertanian dan tanaman.
  • Mengurangi tingkat pencemaran udara akibat asap pembakaran yang tidak sempurna seperti pembakaran bahan bakar minyak tau kayu bakar.
  • Penggunaan jangka panjang yang sangat ekonomis dan menguntungkan.
  • Merupakan sistem pengolahan limbah kotoran sapi yang baik.

Biogas merupakan salah satu sumber energi alternatif yang murah dan mudah untuk didapatkan dan disediakan dilingkungan pedesaan yang memiliki banyak peternak sapi khususnya, dimana limbah kotoran sapi mudah diperoleh. Biogas dapat sebagai pengganti gas LPG dan minyak tanah, biogas dihasilkan dari pengolahan limbah kotoran sapi yang di fermentasi-kan dengan sistem tertentu.

Pupuk kotoran sapi

Sebenarnya, cara pembuatan biogas ini cukup mudah untuk dilakukan. Karena sebenarnya pembuatan biogas sendiri tidak membutuhkan alat-alat dengan teknologi tinggi, sehingga biaya pembuatan-nya cukup murah. Proses produksi biogas dari kotoran sapi dapat diproduksi dengan media ataualat semisal, drum, bak semen, tong bekas, bahkan dapat juga dengan menggunakan media plastik. Dengan kata lain, proses pembuatan biogas ini dapat di terapkan dengan teknologi sederhana dan media dengan harga yang murah dan terjangkau oleh kebanyakan masyarakat menengah kebawah. Ketersediaan bahan baku berupa kotoran sapi yang melimpah, yang biasanya hanya dijadikan sebagai pupuk saja, kini dapat bermanfaat ganda dengan sistem pengolahan yang sederhana. Selain itu media atau alat-alat yang digunakan untuk memproduksi biogas, mudah didapatkan. Dan sebaliknya manfaat yang dapat di peroleh jauh lebih besar.

Pembuatan kompos dari kotoran sapi

Dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia disekitar kita, misalnya  limbah kotoran sapi, kita dapat memperoleh banyak manfaat, seperti diatas tadi. Jika anda ingin mengetahui bagaimana cara membuat biogas dengan teknik sederhana, maka anda dapat mengunjungi link ini.

Dan demikian tadi informasi tentang pemanfaatan kotoran sapi, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca semuanya. Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. wassalam.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terima Kasih atas kunjungan Anda.Ini adalah website review untuk jualan sapi atau jual sapi online ,jual kambing dan hal hal yang berhungan dengan usaha peternakan hewan
error: Content is protected !!