Keuntungan Beternak Sapi Metal atau Sapi Simental

Sapi Metal atau sapi simental begitu orang indonesia menyebutnya, namun dinegeri Australia sapi ini dikenal dengan nama Fleckvieh dan dinegeri Prancis dikenal dengan nama Pie Rouge, sapi Metal adalah jenis sapi yang di kembangkan pertamakali di lembah Simme Dari Daerah di Negara Swiss. Sapi ini adalah tipe sapi perah dan pedaging yang sekarang banyak dikembangkan di benua Amerika dan Benua Eropa, sapi simmental biasa ditemui dengan warna bulu coklat kemerahan seperti merah bata sedangkan dibagian muka dan lutut kebawah Serta Ujung ekor ber warna putih. Di indonesia sendiri sapi telah populer dan telah banyak  dikembangkan oleh para peternak sapi karen ajenis sapi metal memang memiliki banyak keunggulan bila dibandingkan dengan sapi lokal indonesia, sapi metal jantan dewasanya Mampu mencapai berat badan 1150 kg sedang Betina dewasanya 800 kg.

Ternak sapi metal

Cara memeihara sapi metal atau sapi simental dengan benar

Cara ternak sapi metal atau sapi simental sebenarnya tekniknya sama saja dengan cara memelihara sapi yang lainnya . Namun untuk mendapatkan hasil dan keuntungan yang maksimal bagi  pemiliknya maka perlu memperhatikan beberapa hal tentang manajemen pemeliharaan ternak  dan tata kelola usaha ternak sapi yang baik, antara lain sebagai berikut :

Cara beternak sapi metal secara benar – Hal-hal yang harus diperhatikan dalam beternak sapi metal  adalah:

Proses pembibitan

Bibit Pejantan    : meliputi fisik, kapasitas servis, kualitas semen dan hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan sapi metal

Bibit Betina        : Perhatikan hal yang terkait kesehtan bibit, kemiringan vulva tidak terlalu keatas, mempunyai puting 4 buah, bentuk ambing relatif besar dengan bentuk yang simetris.
Gambar sapi metal
Pakan sapi metal
Pakan untuk ternak sapi metal dapat berupa makanan tambahan vitamin, mineral dan urea. sedangkan makan pokok adalah berupa Hijauan rumput, kacang-kacangan atau limbah pertanian, konsentrat onggok, dedak padi dan ampas tahu.
Jumlah makanan yang diberikan untuk sapi simental per hari
sebagai berikut :
– Jenis tumbuhan Hijau : 35 s/d 47 Kg, disesuaikan dengan besar dan berat badan sapi.
– Untuk Konsentrat : 2 s/d 5 kg per harinya.
– jika diperlukan boleh menggunakan pakan tambahan dengan kisaran :  30 s/d 50 gr per hari.
Kandang
Peternakan sapi metalSyarat Kandang yang harus dipenuhi untuk kesuksesan peternakan sapi metal adalah sebagai berikut:
Lahan kandang dari kayu atau dengan menggunakan bambu, Lantai dari semen atau tanah yang yang sudah dikeraskan, posisi harus lebih tinggi dari tanah sekitarnya, Saluran udara dan drainase di dalam dan luar kandang harus baik.
Sedangkan untuk ukuran kandang  sapi simental adalah:
-Untuk betina dewasa adalah 1,5 X 2 m per ekor
-Untuk jantan dewasa adalah 1,8 X 2 m per ekor
-Untuk Anak sapi  atau pedet adalah1,5 X 2 m per ekor
Inseminasi atau sistem perkawinan sapi simental
Apaka anda mengenal istilah Hand Mating dan Pasture Mating? brikut ini akan saya uraikan secara singkat sebagai berikut:
Hand Mating adalah Sapi simental betina dalam kondisi birahi dibawa dan dikawinkan dengan pejantan unggul atau istilah lainnya di IB. kemudian istilah Pasture Mating adalah  perkawinan yang dilakukan sapi secara alami di padang pengembalaan.
Cara Mengetahui Tanda Birahi pada sapi:
Sapi terlihat gelisah, vulva membesar, sering menaiki sapi lainnya,  atau ditandai dengan keluarnya cairan lendir.
Cara mengatahui sapi yang akan melahirkan:
hal ini bisa ditandai dengan urat daging sekitar vulva yang mengendor, pada bagian kiri dan kanan
pangkal ekor terlihat legok, ambing membesar , dan sapi tampak gelisah.
Sapi metal super
Cara menjaga Kesehatan sapi simental
pisahkan sapi yang sakit dengan sapi yang sehat untuk menghindari kontak secara langsung yg mengakibatkan penularan penyakit, jaga kebersiahan kandang sapi dengan terarur, cek kesehatan dan vaksinasi teratur dan berkala. Waspadai beberapa penyakit yang sering menyerang sapi antara lain : Antrax, Ngorok, Keluron dan lain- lain. apabila sapi terserang penyakit segera berikan obat yang sesuai  jenis penyakit yang menyerang sapi tersebut.

Keuntungan berternak sapi metal atau sapi simmental

Permintaan daging

Sapi metal  yang berasal dari Simme, Switzerland merupakan Jenis sapi yang banyak kembangkan karena  memiliki banyak unggulan, baik sebagai sapi perah maupun sebagai sapi pedaging. Dengan  berat sapi metal yang berkisar lebih dari 1 ton ini  membuat daya tarik sapi metal.
Kebutuhan masyarakat yang sangat tinggi terhadap susu maupun daging sapi.maka beternak sapi metal merupakan pilihan yang sangat tepat  .Untuk pasar lokal atau dalam negeri saja, para peternak sapi belum mampu  memenuhinya baik untuk kebutuhan daging ataupun kebutuhan susunya.
Sapi metal terbesar
Waktu pemeliharaan yang relativ singkat

penggemukan merupakan jenis usaha  yang menarik dan mudah dilakukan. Dengan cara ini Cukup dengan waktu antara 6 sampai 12 bulan, dan anda bisa segera menikmati hasilnya. Hal ini sangat bagus untuk menghindari risiko yang lebih besar dibandingkan dengan sistem pemeliharaan dengan waktu lama yang terlalu lama.
 Penggemukan sapi metal
Produk yang bisa dihasilkan adalah susu, daging, kulit tanduk dan kotoran sapi yang dibutuhkan untuk industri pertanian. Ini adalah ulasan singkat tentang cara beternak sapi metal dan beberapa keuntungan yang anda bisa dapatkan. Semoga artikel ini  bermanfaat bagi pembaca dan apabila anda ingin mengetahui tentang budidaya sapi limosin ,atau sapi limousin  silahkan baca artikelnya di sini.
Source:Keuntungan Beternak Sapi Metal atau Sapi Simental

 

4 Comments

  1. sasminto May 11, 2015 Reply
  2. sapi kurban jakarta May 19, 2015 Reply
  3. winda January 25, 2016 Reply
  4. John wee February 10, 2016 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terima Kasih atas kunjungan Anda.Ini adalah website review untuk jualan sapi atau jual sapi online ,jual kambing dan hal hal yang berhungan dengan usaha peternakan hewan
error: Content is protected !!