Kandang Kambing – Contoh Kandang Kambing yang Baik

Kandang kambing – Suatu usaha ternak kambing dalam jumlah yang cukup besar misalnya untuk usaha ternak kambing etawa, ketersediaan akan kandang kambing yang baik dan memenuhi syarat adalah sangat penting, dikarenakan kambing yang di ternak memerlukan perlindungan untuk keberlangsungan hidup, keamanan dari hama pemangsa, perlindungan dari cuaca serta perlindungan terhadap kambing ternak dari faktor kesehatan, sehingga keberadaan sebuah kandang kambing yang baik sangat diperlukan dan ini termasuk hal yang sangat menentukan keberhasilan suatu usaha peternakan kambing itu sendiri.

Membangun usaha peternakan untuk kandang etawa seperti membangun rumah untuk tempat tinggal kita, secara hakekat adalah sama. Pembangunan kandang memerlukan keterampilan dan keseriusan seperti halnya membangun rumah. Tujuannya adalah untuk menciptakan desain kandang yang sempurna bagi kambing yang akan dipelihara agar benar-benar menjadi bangunan rumah yang nyama bagi kambing ternak itu sendiri. Dalam membangun kandang kambing modern prinsipnya adalah konstruksi kandang harus dapat membuat kambing merasa nyaman dan aman. Kondisi ini tentunya akan menjadikan kambing berproduksi secara normal.

kandang kambing etawa

Beberapa Fungsi dari Kandang Kambing

  • Kandang kambing haruslah dapat melindungi ternak kambing dari hewan pemangsa.
  • Kandang kambing harus dapat mempermudah kambing dalam melakukan aktifitas kambing sepertihalnya makan, minum, tidur, kencing, atau buang kotoran.
  • Kandang kambing dapat mempermudah peternak dalam melakukan pengawasan dan menjaga kesehatan ternak.

Beberapa Kriteria Kandang Kambing yang Baik

Standard Kandang kambing yang baik diantaranya adalah letak kandang kambing yang tidak terlalu rapat dengan rumah warga. Dikarenakan hal ini bertujuan untuk menghindarkan warga dari polusi bau yang ditimbulkan dari limbah peternakan kambing. Lebih diarankan apabila memungkinkan untuk membuat kandang kambing pada area yang masih banyak terdapat pepohonan hijau rimbun, selain dapat meredam polusi bau dari limbah dan kotoran yang dihasilkan olah kambing ternak, diharapkan dengan adanya pepohonan disekitar kandang kambing ini akan membuat angin yang bertiup kearah kandang kambing tidak terlalu kencang. Karena kambing ternak akan sering mengalami kembung perut jika sering diterpa angin yang kencang.

gambar kandang kambing

Dimensi kandang kambing hendaknya cukup disesuaikan dengan rencana jumlah kambing ternak yang akan di pelihara di dalam kandang kambing. Secara umum untuk seekor kambing membutuhkan sekitar 1,5 m persegi ruangan kandang,  atau dapat diditung 1 x 1.5 = 1.5. Maka jika merencanakan sebuah kandang untuk 20 ekor kambing setidaknya dibutuhkan kandang seluas 20 x 1.5 = 30 m persegi. Perencanaan pembuatan kandang kambing juga seharusnya diperuntukkan pada rencana potensi pengembangan usaha ternak kambing itu sendiri. Sehingga kandang kambing terkadang perlu dibuat dengan ukuran yang lebih luas guna tujuan pengembangan usaha. Sebuah kandang kambing yang bagus merupakan investasi berharga tersendiri bagi sebuah usaha peternakan kambing. Meskipun biaya pembuatan kandang kambing adalah tidak murah dan tentunya membutuhkan dana yang cukup besar, namun yang namanya investasi manfaatnya baru akan terasa lebih bessar yaitu pada waktu yang akan datang. Upayakan jangan membangun kandang kambing pada area genangan air atau area yang sering tergenang air.

Untuk kanadang kambing dengan kapasitas 10 ekor atau sekala komersial lebih hendaknya memang menggunakan desain dan model kandang kambing yang khusus. Hal ini beralasan karena pemeliharaan kambing sekala komersial akan membutuhkan penangan yang lebih serius. Untuk kandang kambing dengan kapasitas dibawah 5 ekor hendaknya desain kandang kambing yang akan dibuat tidak perlu terlalu bagus atau mewah dan cuckup sederhana saja, karena hal ini berkaitan dengan jumlah anggaran yang akan dikeluarkan agar tidak terlalu besar sehingga anggaran dapat disisihkan untuk keperluan yang lain.

model kandang kambing

Konstruksi dan desain kandang kambing berbentuk panggung sangat disarankan, dengan cara membuat kandang kambing berbentuk panggung ini akan memudahkan bagi peternak kambing dalam proses pengawasan. Serta keuntungan lain dari desain kandang panggung adalah keamanan dari hama penyerang yang berbahaya. Upayakan membuat dasaran kandang dengan kemiringan yang akan membuat kotoran kambing mudah untuk mengalir ke salura pembersihan, kemiringan yang bisa diterapkan pada dasaran kandang adalah sekitar 60 hingga 65 drajat. Dasaran kandang ini berada di bawah lantai karena kontrusi kandang di buat system pangggung. Fungsi dari dasaran kandang ini adalah agar limbah kotoran kambing dapat langsung mengalir ke saluran pembuangan kotoran kambing ternak atau bak penampungan kotoran kambing yang disediakan di sekitar kandang. Terciptanya kandang kambing yang bersih merupakan cara pencegahan yang baik terhadap penyakit pada ternak kambing. Untuk selebihnya kalau masih ada kotoran kambing yang tercecer dibawah kandang kambing supaya kotoran tersebut disapu setiap harinya.

Berikut Kriteria Kandang Kambing yang baik

Proes metabolisme kambing juga dapar terpengaruh oleh posisi kambing saat makan, kondisi ini dapat tercapai metabolisme kambing yang baik antara lain dengan menerapkan sistem kandang yang diatur sedemikian rupa una mendapatkan posii makan kamping yang baik untuk metabolismenya.

Kandang kambing harus memiliki ventilasi baik, cukup cahaya matahari, bersih, dan minimal berjarak 5 meter dari rumah.

Ukuran kandang yang umum di terapkan adalah sebagai berikut :

  • Kandang kambing beranak = 120 cm x 120 cm /ekor
  • Kandang kambing indukan = 100 cm x 125 cm /ekor
  • Kandang kambing anakan = 100 cm x 125 cm /ekor
  • Kandang kambing pejantan = 110 cm x 125 cm /ekor
  • Kandang kambing dewasa = 100 cm x 125 cm /ekor

 

desain kandang kambing

Salah satu trik untuk memhemat penggunaan bahan baku adalah dengan cara penggabungan fungi pintu  dengan sekat. Untuk peternak terutama pemula hendaknya desain kandang dapat memudahkan dalam beternak bukannya malah menyusahkan. Untuk mengurangi pengguynaan air untuk kebersihan kandang, maka sebaiknya lantai kolong kandang cukup terdiri dari tanah saja, atau tidak perlu di semen. Dengan demikian peternak tidak perlu menggunakan air untuk membersihkan lantai  kolong kandang, atau cukup dengan disapu saja.

Pemakaian banyak air akan meningkatkan biaya produksi ternak kambing. Disamping itu ketika urin kambing membasahi lantai kolong kandang, maka dengan sendirinya akan meresap kelantai, karena lantai dari tanah. Selain itu dengan lantai tanah, kandang kambing tidak lembab karena urine kambing telah diserap oleh tanah.

Nah demikian tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Kandang Kambing. Dan semoga dapat bermanfaat  bagi para pembaca sekalian. Trimakasih  awsalam…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terima Kasih atas kunjungan Anda.Ini adalah website review untuk jualan sapi atau jual sapi online ,jual kambing dan hal hal yang berhungan dengan usaha peternakan hewan
error: Content is protected !!