Kambing Kurban – Tips Mudah Dalam Memilih Kambing kurban yang Bagus

Kambing Kurban – Ibadah kurban adalah suatu ibadah yang mempunyai kedudukan hukum sunnah yang ditekankan atau sunnah muakkadah. Melaksanakan ibadah kurban dengan niatan ikhlas semata karena Alloh saja, dan melaksanakan ibadah kurban setiap datang hari raya Idul AHarga kambing kurbandha adalah lebih utama bagi yang mampu, sebagai wujud rasa syukur kepada Alloh SWT.

Pada mulanya Ibadah kurban bermula pada masa Nabi Ibrahim AS, dimana pada saat itu Nabi Ibrahim alaihissalam mendapat perintah dari Alloh melalui mimpi beliau, untuk menyembelih puteranya (Ismail AS) yang sangat dicintainya.

 

Kambing, Unta  dan Sapi [Sebagian ulama menyamakan kerbau dengan sapi] adalah hewan-hewan yang digunakan untuk sembelihan qurban. Dan bahkan para ulama sebagian juga bersepakat (berijma’) bahwa binatang tersebut diatas tadi adalah sudah merupakan ketetapan sebagai hewan kurban, sehingga tidak sah apabila diganti dengan jenis hewan yang lain ,misalnya ayam.

Gambar kambing kurban

Ketentuan Kambing Kurban

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu’anhu beliau mengatakan:

كُنَّا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى سَفَرٍ فَحَضَرَ الأَضْحَى فَاشْتَرَكْنَا فِى الْبَقَرَةِ سَبْعَةً وَفِى الْبَعِيرِ عَشَرَةً

Artinya:

Dahulu kami penah bersafar bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu tibalah hari raya Idul Adha maka kami pun berserikat sepuluh orang untuk qurban seekor unta. Sedangkan untuk seekor sapi kami berserikat sebanyak tujuh orang. [HR. Tirmidzi no. 905, Ibnu Majah no. 3131]

Seseorang boleh meniatkan pahala kurbannya untuk seluruh anggota keluarganya, namun satu orang hannya untuk satu ekor Kambing Kurban, bahkan boleh pahalanya boleh  diniatkan bagi anggota keluarga yang sudah tiada sekalipun. Berdasarkan dalil hadis riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah:

كَانَ الرَّجُلُ فِي عَهْدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُضَحِّى بِالشَّاةِ عَنْهُ وَعَنْ أَهْلِ بَيْتِهِ

Artinya:

Pada masa Rasulullah Muhammad saw, ada seseorang (suami) menyembelih seekor kambing sebagai qurban bagi dirinya dan keluarganya.” [HR. Tirmidzi no. 1505, Ibnu Majah no. 3138]

Syarat kambing kurban

Ketentuan Qurban Unta dan Sapi

Tujuh orang diperbolehkan berkurban dengan seekor sapi. Dan 10 orang diperbolehkan berkurna dengan satu ekor Unta. Mayoritas (Jumhur) ulama berpendapat bahwa tujuh orang hanya oleh beriuran satu ekor unta untuk udh-hiyah karena diqiyaskan dengan unta pada al hadyu. Sementara Ulama Asy Syaukani mengatakan bahwa unta al hadyu diperbolehkan untuk tujuh orang dan unta udh-hiyah doperbolehkan untuk kurban sepuluh orang. (Shahih Fiqih Sunnah, 2/370).

Kiat Memilih Kambing Kurban yang Bagus

Hikmah yang dapat dipetik dari ibadah penyembelihan hewan kurban adalah bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang senantiasa diberikan kepada kita.

Mengingat kesabaran Nabi Ibrahim AS dan anaknya Nabi Isma’il AS, Dengan demikian maka akan meningkatkan ketaqwaan seorang yang beriman kepada Allah dan sebgai bukti kecintaannya kepada Alloh. Pengorbanan Nabi Ibrahim dan anaknya Isma’il AS sehingga Alloh mengganti cobaan dengan berkah yang besar. Sehingga Isma’il pun ditukar dengan seekor domba. Dengan mengingat  kisah Beliau Nabi Ibrahim dan Anaknya, diharapkan umat islam dapat mencontoh Nabi Ibrahim AS dan anaknya Isma’il AS, dalam hal kesabaran dalam melakukan ibadah dan ketaatan kepada Allah.

Jual kambing kurban

Menghidupkan ajaran Nabi Ibrahim AS, yaitu ketika Allah memerintahkan beliau untuk menyembelih anaknya yang tercinta sebagai tebusan, yaitu Ismail AS ketika datang hari an nahr (Idul Adha).

Nila Ibadah qurban adalah lebih besar jika sekedar dibandingkan dengan nilai harga seekor kambing kurban. Ibnul Qayyim berkata, “Penyembelihan yang dilakukan di waktu mulia lebih afdhol daripada sedekah senilai penyembelihan tersebut. Oleh karenanya jika seseorang bersedekah untuk menggantikan kewajiban penyembelihan pada manasik tamattu’ dan qiron meskipun dengan sedekah yang bernilai berlipat ganda, tentu tidak bisa menyamai keutamaan udhiyah.

Dengan melaksanakan ibadah kurban, meski hanya mempu dengan seekor kambing kurban misalnya, selain dapat mensucikan harta yang kita miliki, kita juga masih akan mendapatkan pahala dari kebaikan yang kita lakukan dengan rela berbagi rezeki kepada sesama.

Kurban kambing

Dan jika kebetulan ada yang sedang berencana untuk berkurban, namun masih belum begitu paham bagaimana caranya memilih hewan kurban yang bagus dan sehat, maka berikut ini adalah bebrapa kiat dalam memilih hean kurban yang bagus:

Berikut adalah beberapa kiat yang bisa diperhatikan dalam memilih kambing kurban yang bagus

  • Bulu Kambing kurban bersih dan mengkilat serta tidak kutuan.
  • Kambing kurban yang akan dipilih, hendaknya memiliki mata bersih dan cerah.
  • Kotoran Kambing kurban tidak mencret.
  • Moncong Kambing kurban selalu basah.
  • Kedua tanduk Kambing kurban harus utuh.
  • Gigi susu Kambing kurban harus sudah tanggal.
  • Kambing kurban berumur di atas satu tahun.
  • Kulit Kambing kurban harus bersih.
  • Kambing kurban tidak cacat, anggota badannya masih sempurna.
  • Mata Kambing kurban bersih dan bersinar.
  • Kotoran Kambing kurban tidak terlalu cair serta gigi bagus.
  • Paling bagus adalah Kambing kurban tersebut memiliki sertifikat atau sudah dicek.
  • Kalau memungkinkan kesehatan Kambing kurban telah di cek oleh petugas dinas peternakan atau dokter hewan setempat.
  • Kambing kurban yang sehat umumnya gesit dan aktif. Hindari Kambing kurban yang lesu dan malas bergerak, karena itu biasanya merupakan tanda-tanda bahwa ada yang tidak beser dengan kesehatan kambing kurban tersebut.

Foto kambing kurban

Apabila Kambing kurban yang memiliki nafsu makan yang bagus, bertanda bahwa kambing kurban tersebut dalam keadaan sehat dan bagus. Sementara kebalikannya ababila Kambing kurban terlihat kehilangan nafsumakannya, maka hal ini adalah indikasi bahwa besar kemungkinan Kambing kurban sedang bermasalah pada kesehatannya.

Sesungguhnya Ibadah kurban adalah sangat dianjurkanbagi umat islam. Berikut adalah hadits yang berkaitan dengan ibadah qurban:

Yang artinya:
Siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan lapang, lalu ia tidak berkurban, maka janganlah ia mendekati tempat salat Ied kami. HR. Ahmad dan ibn Majah.

Demikan tadi sedikit informasi tentang kambing kurban yanag dapat kami sampaikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca semuanya. Trimakasih.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terima Kasih atas kunjungan Anda.Ini adalah website review untuk jualan sapi atau jual sapi online ,jual kambing dan hal hal yang berhungan dengan usaha peternakan hewan
error: Content is protected !!