Kambing Kacang – Tips Sukses Beternak Kambing Kacang

Kambing Kacang – adalah kambing dari jenis ras nggul yang telah lama dikembangkan di Indonesai. Telah diketahua bahwa kambing ini adalah salah satu jenis kambing asli Indonesia atau kambing lokal Indonesai, kambing kacang memiliki kemampuan bradaptasi yang sangat baik di iklim tropis Indonesia, selain itu kambing kacang mempunyai kelebihan dalam kemampuan bereproduksi yang bagus. Kambing kacang jantan maupun kambing kacang betina adalah tipe kambing pedaging. Kambing kacang banyak sekali digunakan sebagai kambing aqiqah, kambing qurban maupun sebagai kambing konsumsi yang banyak digunakan oleh kebanyakan rumahmakan. Disisi lain harg kambing kacang yang relatif lebih murah dari jenis kambing yang lain misalnya kambing etawa.

Kambing qurban murah

Mengenal Ciri-ciri kambing kacang

  • Pada umumnya kambing ini mempunyai ukuran tubuh yang relatif kcil.
  • Bobot kambing kacang jantan dewasa antara 30 kg, seta betina dapat mencapai 25 kg.
  • Pada umumnya kambing ini memmpunyai bulu berwarna putih, coklat, hitam, baik berwarna bulu tunggal atau memiliki campuran warna ketiganya.
  • Memiliki tanduk yan pendek baik kambing jantan maupun betina.
  • Kambing jantan tingginya 60 hingga 65 cm, sementara yang betina antara 56 cm.
  • Arah telinganya tegak, bulunya pendek dan lurus kecuali pada ekor dan dagu.
  • Pada kambing jantan juga tumbuh bulu panjang sepanjang garis leher, pundak dan punggung hingga ke ekor dan pantatnya.

Untuk saat ini sudah banyak masyarakat yang membudidayakan kambing secara inensif sebagai suatu bentuk usaha yang bisa menguntungkan banyak pendpatan bagi pelakunya. salah satu faktornya adalah kambing merupkan ternak sumber daging yang dagingnya banyak digemari oleh banyak orang. Kambing kacang merupakan salah satu kambing pilihan untuk diternakkan karena beternak kambing ini relatif lebih mudah dalam pemberian jenis pakan dan penanganannya. kambing kacang telah lama dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia, dikarenakan kambing jenis ini memiliki kemampuan reproduksi yang baik bahkan seringkali menghasilkan anak kambing kembar. Kambing kacang juga dikenal dengan kemampuan adaptasi  yang baik terkahad lingkungan yang ada di Indonesia sehingga kambing ini memiliki tingkat bertahan hidup yang lebih baik dibandingkan kambing jenis lain.

kambing aqiqah

Cara Beternak Kambing Kacang

Dalam beternak kambing kacang hendaknya memperhatikan memperhatikan bebrapa faktor seperti berikut ini antara lain:

Faktor Bibit Unggul

Seorang peternak perlu memahami aspek mendasar dari cara ternak kambing kacang, yaitu mengenai pemilihan bibit unggul kambing yang akan diternakkan. Guna mendapatkan bibit kambing kacang unggul ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan untuk menentukan bibit kambing kacang yang berkualitas. Dan berikut kriteria bibit kambing yang berkwalitas baik:

  • Berbadan sehat dan gerakannya lincah.
  • Tidak terdapat cacatpada fisik kambing.
  • Berkulit bersih dan mengkilat.

Faktor Perawatan Kambing Kacang

Yang paling penting dalam proses perawatan kambing kacang adalah mengenai pakan dan minum yang anda sediakan. Ada dua jenis pakan yang dapat anda berikan pada kambing kacang anda yaitu makanan utama berupa hijau-hijauan seperti rumput atau daun dan makanan tambahan yang dapat berupa kacang-kacangan, tepung ikan, bungkil, vitamin, dan sebagainya. Apabila mengenai minuman, anda perlu menyediakan air bersih sebanyak 2,5 liter/tiap ekor kambing kacang.

Faktor Perawatan Kandang

Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan berkaitan dengan perawatan kandang kambing kacang antara lain:

  • Kebersihan kandang haruslah selalu dijaga demi kesehatan kambing.
  • Ventilasi harus cukup untuk menjaga sirkulasi kandang kambing kacang.
  • Ukuran kandang harus relefan dengan jumlah kambing yang diternakkan.

Kandang kambing

Faktor Pengendalian Penyakit Kambing Kacang

Pengenalan jenis penyakit dan juga pemilihan metode penanganan penyakit tersebut tentu harus diketahui oleh peternak kambing. Perlu diperhatikan pula penyebab apa saja yang membuat penyakit kambing kacang itu muncul. Bila diketahui penyebabnya, anda tak perlu khawatir tentang bagaimana cara melakukan pencegahan.

Faktor Pengelolaan Reproduksi Kambing Kacang

Usahakan membuat kambing kacang bereproduksi 3 kali dalam setahun. Diperlukan juga pengetahuan anda mengenai reproduksi dari kambing kacang seperti usia kelamin dewasa dari 6 s/d 10 bulan, siklus birahi yang berselang pada kambing kacang yaitu 17 hingga 21 hari, lama birahi yaitu 24 sampai 45 hari.

Faktor Pasca Panen Kambing Kacang

Yang perlu dipahami adalah kapan waktu yang tepat untuk memasarkan kambing kacang ke pembeli. Waktu yang tepat adalah bila sudah tidak ada penambahan berat badan lagi pada kambing. Biasanya bila telah mencapai usia 1 hingga 1,5 tahun. Apabila mengenai harga penjualan, peternak tingggal menyesuaikan dengan harga pasaran setempat. Peternak juga harus menyesuaikan dengan usia dan berat kambing kacang yang ingin dijual.

Ternak kambing

Nah demikian tadi sedikit informasi mengenai tips dan cara mudah beternak kambing kacang asli Indonesia. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat buat para Pembaca semuanya. Sekian dan terimakasih atas kunjungannya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terima Kasih atas kunjungan Anda.Ini adalah website review untuk jualan sapi atau jual sapi online ,jual kambing dan hal hal yang berhungan dengan usaha peternakan hewan
error: Content is protected !!