Kambing Jawa Randu – Panen Duit dari usaha ternak Kambing Jawa Randu

Kambing jawa randu – merupakan kambing hasil persilangan antara kambing Etawa dengan Kambing kacang asli dari pulau Jawa Indonesia. kambing jawa randu ini mempunyai kelebihan dibanding jenis kmbing yang lain, diantaranya kambng jawa randu bisa digunakan sebagai kambing penghasil susu kambing dengan produki susu perhari dapat mencapa 1.5 liter lumayan besar. Sementar itu kambing jawa randu juag dapat diternakkan sebagai kambing potong yang dimanfaatkan dagingnya. Kambing ini memiliki postur tubuh yang tinggi dan besar mengikuti asal turunannya yaitu kambing etawa, erta kelebihan yang lain kambing ini memiliki kelebihan sebagai kambing yang relatif mudah untuk dipelihara, karena kambing jawa randu ini dapat diberi makan apa saja.

harga kambing

kambing jawa randu adalah memiliki mkelebihan dalam pertumbuhan yang sangat cepat sehingga banyak para peternak kambing yang memanfaatkan kambing ini sebagi usaha penggemukan kambing, dengan hasil yang dapat diandalkan serta banyak menguntungkan para peternak kambing.

Populasi Kambing jawa randu ini banyak dijumpai pada beberapa daerah di Jawa tengah dan Jawa timur. kambing jawa randu merupakan salah satu jenis kambing pilihan para pengusaha kuliner sate kambing, dengan alasan bahwa dging kambing ini memiliki lemak yang lebih sedikit dibandingkan dengan jenis kambing yang lain. Dan memang lebih banyak saat ini kambing jawa randu dimanfaatkan dagingnya sebagai kebutuhan supplay oleh para pengusaha kuliner sate kambing. Para pengusaha warung sate kambing lebih memilih jenis kambing jawa randu karena jenis ini dagingnya tidak banyak mengangung lemak.

beternak kambing

Selain banyak dipakai untuk memenuhi supplay para pegusaha rumah makan sate. kambing jawa randu sendiri juga memjadi salah satu primadona para pembeli kambing saat menjelang Hari Raya qurban. Untuk harga kambing jawa randu sendiri saat in berkisar antara 1,5 juta hingga 2,2 juta per ekor.

Nama lain Kambing Jawa Randu adalah kambing Bligon, kambing Gumbolo, kambing Koplo dan kambing Kacukan.

Selain itu kambing Jawa Randu juga dikenal sebagai salah satu jenis kambing yang memiliki nafu makan yang tinggi dan rakus. karena itulah kambing ini sangat baik sebagai kambing pedaging maupun sebagai kambing susu. Selain dimanfaatkan susunya kambing ini lebih banyak untuk dimanfaatkan sebagai kambing potong yang dimanfaatkan dagingnya.

harga kambing etawa

Mengenal Ciri-Ciri Kambing Jawa Randu

Kambing jawa randu juga memiliki ciri-ciri khusus yang dapat dengan mudah dikenali  dari jenis kambing yang lain, dan berikut adalah ciri-ciri kambing jawa randu:

  • Warna bulu putih, coklat dan hitam, atau terkadang campuran warna dari dari ketiganya.
  • Bentuk kepala kambing ini terliahat agak besar dan lancip
  • Memiliki tanduk
  • Memiliki bentuk daun telinga lebar dan menggantung kebawah
  • Memiliki bentuk punggung yang melengkung kebawah
  • kambing pejantan dewasa dapat mencapai bobot lebih dari 40 Kg, sementara kambing betina dewasa di bawah 40 Kg.

Meskipun tampilan dari kambing jawa randu ini tidak lebih bagus dari kambing etawa, namun kambing ini adalah tipe kambing pedaging dan penghasil susu yang sangat baik, dengan sitem perawatan yang baik sebagaimana perawata yang dilakukan pada kambing etawa.

Usaha ternak kambing

Harga daging kambing jawa randu adalah relatif lebih murah jika dibandingkan dengan harga daging kambing etawa. Sehingga kambing jawa randu lebih pas untuk dijadikan sebagai kambing pedaging. Dan kambing ini banyak diminati sebagai kambing qurban, karena kambing ini memang memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari jenis kambing kacang..

Peluang Usaha Penggemukan Kambing Jawa Randu

Kambing jawa randu adalah kambing yang memiliki sifat ntara anatar kambing etawa dengan kambing kacang. Kambing jenis ini dapat di budidayakan dengan relatif mudah sebagai kambing penghasil daging, kambing ini mempu tumbuh dengan cepat dan memiliki polamakan seperti kambing kacang yang mudah diberi makan apa saja.

Pemberian makan silase atau makanan fermentasi dapat diberikan apabila menginginkan beternak kambing jawa randu dengan tujuan penggemukan, dengan alasan bahwa pemberian makanan fermentasi tidak berpengaruh buruk pada sistem peternakan penggemukan kambing, beda halnya dengan peternakan breeding yang harus berhati-hati dalam pemberian makanan untuk kambing guna menjaga pola siklus birahi kambing dan menjaga sistem reproduksi kambing. Pemberian pakan fermentasi atau silase kepada kambing ternak dapat mengurangi bau yang ditimbulkan oleh kotoran serta urin kambing itu sendiri.

Selain itu kambing jawa randu tidak begitu membutuhkan kandang yang terlalu kuat dan kokoh seperti kandang untuk jenis kambing etawa, dikarenakan kabing jawa randu gerakannya tidak sekuat kambing etawa.

Jika peternak kambing menghendaki sistem peternakan yang berbasis penggemukan maka petrenak tak perlu membuat skat kandang yang besar dan banyak memakan tempat,

Kemudahan dalam mempersiapkan kandang kambing dan pemberian pakan yang mudah karena tidak terlalu tergantung dengn pakan hijauan, maka beternak kambing jawa randu adalah pilihan yang tepat sebagai usaha yang sangat menguntungkan.

Untuk informasi mengenai bibit kambing jenis unggul anda bisa menghubungi 0877001 09727.

Demikian tadi informasi mengenai kambing jawa randu yang terkenal, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian. Terimakasih wassalam…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terima Kasih atas kunjungan Anda.Ini adalah website review untuk jualan sapi atau jual sapi online ,jual kambing dan hal hal yang berhungan dengan usaha peternakan hewan
error: Content is protected !!