Kambing Etawa – Untung Besar dari Hobi Beternak Kambing Etawa

Kambing Etawa juga dikenal dengn sebutan aslinya yaitu Kambing Jamnapari, Kambing Etawa adalah salah satu jenis kambing unggul yang dapat dipelihara sebagai kambing pedaging dan juga bisa sebagai penghasil susu kambing atau kambing perah. Kambing Etawa ini berasal dari negeri India. Meski pun demikian di Indonesai kambing ini Lebih terkenal dengan sebutan Kambing Etawa. Harga kambing etawa saat ini cukup bervariasi tergantung dari jenis dan rasnya juga. Untuk kambing etawa super Ras Senduro pejantan siap kawin dapat mencapai harga sekitar Rp. 2.500.000,- keatas.

Kambing etawa jantan

Cara Mengenali Kambing Etawa

kambing Etawa dapat dengan mudah dikenali dari ciri-cirinya, dan berikut ciri-ciri kambing etawa:

  • Kambing Etawa jantan bisa memiliki berat hingga 91 kg, dan yang betina sekitar 63 kg.
  • Yang khas dari kambing ini adalah ukuran daun telinga yang panjang menggantung kebawah.
  • Kambing Etawa jantan dapat mencapai tinggi gumba antara 90 cm s/d 127 cm sementara betinanya dapat mencapai 92 cm, ukuran badan kambing ini tergolong besar.
  • Memiliki bentuk dahi dan hidung yang kembung.
  • Kambing Etawa dapat memproduksi susu hingga sebanyak 3 liter/hari.
  • Kambing Etawa jantan ataupun betina tanduknya pendek.

Bagi yang sudah terbiasa beternak kambing etawa bagi mereka itu hal yang mudah dan biasa saja. Tetapi lain hal bagi yang baru mau memulainya pasti akan banyak sekali pertannyaan tentang berbagai hal dalam beternak kambing yang satu ini. Dan sekitar pertanyaan umum tentang hal itu adalah sekitar bagaimana caranya memulai beternak, prospeknya bagaimana, pemasaran produknya kemana, anakannya mau dijual ke mana, bagaimana cara memasarkan susunya, Susu kambing dapat disimpan berapa lama,  dan lain sebagainya.

Kambing etawa betina

Rahasia Peluang Usaha Ternak Kambing Etawa

Harga susu kambing etawa masih jauh lebih nggul bila dibanding dengan harga susu yang lain sperti susu sapi dan susu kuda. Namun kebiasaan dari kebanyakan masyarakat di negeri kita ini kegiatan betrnak kambing hanyalah sebagai simpanan atau tabunga saja dan bukan merupakan suatu usaha yang ditekuni secara serius hingga menjadi suatu usaha yang mendatangkan banyak keuntungan, bahkan bisa sebagai usaha utuk tumpuan hidup keluarga. Susu kambing etawa sendiri belum begitu banyak yang memanfaatkannya sebagi suatu produk yang memiliki niali jual yang tinggi. Sementara bila dilihat dari nilai gizi dan manfaat yang terdapat didalam susu kambing etawa, susu kambing ini memiliki kandungan protein dan gizsi paling tinggi dari susu yang lain seperti susu sapi dan susu kuda sekalipun. Manfaat susu kambing etawa sendiri sudah banyak yang telah membuktikannya.

Ternak kambing etawa

Kesuksesan tidaklah didapat dalam hitungan detik. Kesuksesan membutuhkan perjuangan yang besar serta waktu dan energi yang dikeluarkan membutuhkan pengorbanan yang besar. terutama adalah tekat dan ketekunan. Tetapi jika suatu hal yang dikerjakan itu berdasarkan suka bahkan telah menjadi hobi saya rasa sesuatu yang berat sekalipun tidaklah begitu berarti bagi pelakunya. Terutama dalam hal usaha ternak kambing etawa ini banyak sekali yang mereka melakukannya bahkan berdasarkan hobi semata, dan sudah barang tentu mereka menjalaninya dengan senang hati.  Dalam hal ini kambing merupakan sesuatu yang bernyawa, otomatis cara memperlakukannya juga berbeda dengan barang yang tidak bernyawa. Disinilah letak tantangan yang hrus dihadapi dalam bisnis ternak, dan semua usaha pasti membutuhkan keyakinan yang tinggi untuk mencapai kesuksesan. Selama kita merupakan orang beriman, saya rasa akan lebih mudah untuk menjalani keyakinan tersebut khususnya dalam berusaha.

Saat ini belum banyak peternak kambing yang mengusahakan susu kambing sebagai tambahan pendapatan. Seekor kambing etawa yang bagus, dengan pemberian pakan yang cukup, bisa menghasilkan susu kambing sebanyak 2 s/d 3 liter per hari. Dari segi tingginya harga susu kambing saat ini yang dipasaran bisa mencapai harga Rp.30.000/liter, sebenarnya ada potensi dan peluang besar dalam pengembangan usaha produksi susu kambing etawa. Dengan kualitas kambing yang bagus, berarti seekor kambing etawa bisa menghasilkan pendapatan tambahan senilai Rp. 60.000 sampai Rp.90.000 per ekor per hari. Juka usaha semacam ini ditekuni dengan benar sedah barang tentu akan meningkatkan pendapatan keluarga. Berdasarkan pengamatan, seekor kambing etawa akan berproduksi susu secara maksimal jika kambing tersebut telah beranak minimal 3 kali. Hal itu bisa diamati dari ambing atau wadah susu kambing etawa betina tersebut. Beretnak kambing etawa dapat menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Hal ini karena permintaan akan susu kambing dari hari ke hari yang semakin meningkat.

Berdasarkan hasil dari pengamatan, konsumen yang membeli susu kambing terbagi ke dalam 2 kelompok. Kelompok pertama adalah kelompok ekonomi keluarga menegah keatas. Kenapa demikian?, karena harga susu kambing etawa sendiri dapat mencapai harga Rp.30.000/liter, tentunya hanya orang berduit saja yang pasti akan membeli susu kambing tersebut. Kelompok ke dua adalah penderita suatu penyakit, seperti TBC, Asma, batuk-batuk, ataupun mereka yang mempunyai penyakit yang sudah parah. Kelompok ke dua ini menduduki peringkat terbesar, hampir 75% dari kelompok ini menjadi konsmen susu kambing etawa. Dan orang-orang ini adalah konsumen yang sangat nyata, karena mereka yang sakit pastilah sangat menginginkan kesembuh dari sakit yang dideritanya. Perkembangan pesat akan permintaan susu kambing tidak lepas dari persepsi banyak orang mengenai khasiat susu kambing etawa yang sangat luar biasa dan telah banyak orang yang membuktikannaya. Ini merupakan bukti nyata, bahwa susu kambing adalah alternative alami yang baik bagi orang sakit yang ingin sembuh. Bahkan Negara Australia dan tetangga kita Malaysia juga tengah gencar dalam pengembangan produk susu kambing.

Jual kambing

Pangsa Pasar Susu Kambing Etawa Masih Terbuka Luas

Berdasarkan pengamatan secara seksama ternyata hampir semua yang hasil dari usaha ternak kambing etawa adalah bermanfaat serta memiliki nilai ekonomis tinggi. Pupuk yang dihasilkan seekor kambing dewasa bis mencapai 0,75 kg tamba 2 liter urine per harinya. Sementara pupuk kambing bisa mencapai harga Rp.350/kg dipasaran. Padahal sebenarnya kotoran kambing adalah limbah dari peternakan kambing itu sendiri, namun karena kotoran kambing dapat dijadikan sebagai barang produk baru yaitu pupuk kambing maka yang tadinya limbah malahan bisa menambah keuntungan yang nilainya lumayan. Selain kotoran kambing atau pupuk kambing dan urine kambing etawa, Hasil anakan dari kambing etawa betina sudah barang tentu memiliki daya jual tinggi. Selanjutnya hasil lain dari kambing etawa adalah berupa susu etawa yang juga mempunyai nilai ekonomis tinggi, bahkan produk berupa susu kambing etawa sudah mempunyai kelas pasar tesendiri dibandingkan dengan produk susu yang lain misalnya susu sapi dan susu kuda liar. dan yang terakhir kali hasil dari kambing etawa ini adalah apabila kambing tersebut sudah tidak mampu berproduksi dengan maksimal, baik dalam memproduksi susu maupun memproduksi anak, kambing etawa masih dapat dijadikan sebagai hewan potong yang diambil nilai ekonomis dari dagingnya. Dan ini merupakan hal terakhir dari hasil yang bisa didapat dari kambing etawa. Beberapa hal tadi membuktikan bahwa beternak kambing etawa adalah sangat menguntungkan dan tidak akan rugi, karena keuntungan yang bisa didapat begitu banyak, bahkan minimal bagi peternak kambing etawa sendiri dapat mengkonsumsi susu dengan manfaat terbaik dari susu kambing etawa dengan biaya geratis.

Dari beberapa ulasan diatas tai pembaca sekalian sudah bisa mengambil kesimpulan masing-masing tentang prospek beternak kambing etawa yang bisamendatangkan keuntungan yang besar. Lalu bagaimana yang selanjutnya yang mempunyai keinginan untuk menjalankan usaha peternakan kambing etawa, apakah masih ragu untuk memulainya? Jawaban sepenuhnya ada ditangan anda. Disini kami hanya memberi sedikit gambaran yang diharapkan semoga dapat memberikan manfaat dan pencerahan bagi para pembaca khususnya yang sedang ingin menggeluti menggeluti usaha ternak kambing etawa. Dan bagi yang sedang mencari peluang usaha baru maka ini mungkin dapat dijadikan salahsatu referensi yang baik untuk usaha mandiri. Selagi masih ada kesempatan kenapa tidak mulai dari sekarang? Selagi belum ketinggalan. Usaha ternak kambing sebenarnya sudah sejak lama dari nenek moyang kita dahulu, dan hingga sekarang nyatanya usaha beternak kambing masih saja digeluti bannyak orang. Selain karena Karena daging adalah termasuk kebutuhan pokok manusia hasil lain dari kambing etawa berupa susu juga merupakan peluang yang sangat baik untuk dikembangkan. Olehkarena itu usaha beternak kambing etawa adalah salah satu pilihan yang tepat untuk berinvestasi jangka panjang.  Selamat beternak, dan kesuksesan ada ditangan anda.

Demikian tadi infromasi yang dapat kami sampaikan mengenai Kambing Etawa beserta peluang usaha dari Beternak Kambing Etawa yang dapat memberikan keuntungan cucup besar bagi pelakunya. Kami berharap semoga artikel diatas tadi dapat bermanfaat bagi para pembaca semunya. Terimakasih atas kujungannya.

2 Comments

  1. ternakpertama June 1, 2015 Reply
  2. Jahri October 23, 2015 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terima Kasih atas kunjungan Anda.Ini adalah website review untuk jualan sapi atau jual sapi online ,jual kambing dan hal hal yang berhungan dengan usaha peternakan hewan
error: Content is protected !!