Kambing Boer – Hasil persilangan Kambing Boer

Kambing Boer – adalah salah satu kambing unggul tipe pedaging, mekipun peminatnya tidak sedikit terutama oleh para pengusaha ternak modern untuk dikembang biakkan. Ironisnya di indonesia sendiri keberadaan kambing ini masih sedikit sekali,  Nah berdasarkan hal tersebut maka peluang pangsa pasar boar di Indonesia masih terbuka lebar ditambah lahi dengan harga kambing yag terus mengalami kenaikan di setiap tahunnya. Selian kambing boer sendiri masih banyak jenis kambing unggul yang telah banyak dikembangkan oleh para pengusaha ternak kambing di Indonesia diantaranya adalah kambing etawa, kambing PE dan untuk kambing lokal ada kambing kacang dan lainnya.

budidaya kambing boer

Beberapa Kualifikasi Kambing Boer dan turunannya

  • Kambing Boer Full Blood
    Boer Full Blood adalah keturunan 100% asli dari kambing boer. Boer berdarah murni dan terdaftar silsilahnya pada asosiasi kambing boer dan kambing ini dari keturunan moyangnya belum pernah tercampur dengan persilangan kambing jenis lain. kambing ini hanya terdapat dari habitat aslinya yaitu negara Afrika Selatan, sehingga untuk mendapatkan kambing ini jalanya adalah dengan cara mengimpor kambing ini dari negara aslinya.
  • Kambing Boer Pure Breed
    Kambing Boer Pure Breed adalah peranakan (purebreed) dari kambing boer betina. Peranakan mempunyai 15/16 (93,75%) darah kambing boer yang didapat dari keturunan kambing boer murni atau peranakan yang sudah terdaftar dan tercatat oleh IBGA disebut juga betina F4. kambing boer jantan peranakan mempunyai 31/32 (96,88%) darah kambing boer yang berasal dari kambing keturunan boer murni atau peranakannya yang sudah terdaftar dan tercatat oleh IBGA dan disebut juga Pejantan F5.
  • Kambing boer campuran
    Kambing boer campuran adalah boer yang memiliki 1/2 (50%) darah boer. Boer campuran bisa saja bermula dari turunan pejantan boer murni (fullblood) dengan betina bukan boer atau sebaliknya yaitu betina boer murni dengan pejantan bukan boer.

harga kambing jawa randu

Kawin Silang Kambing Boer (Cross Breeding)

Guna mendapatkan keturunan kambing dengan karakteristik yang lain dan diharapkan mampu beradaptasi dengan baik pada lingkungan dan iklim di Indonesia, maka dapat dilakukan dengan jalan menyilangkan kambing boer dengan beberapa kambing yang ada di Indonesia. Kemudian bagaimana caranya agar bisa mendapatkan persentase darah keturunan turunan boer? Dalam persilangan kambing boer ini ada aturan pokok yang harus diterapkan. setidaknya ada dua pokok acuan yang harus diterapkan, antara lain adalah :

  • Pencatatan silsilah (pedigree) harus tercatar secara konsistenguna mengetahuia nilai persentase kambing boer itu sendiri.
  • Kmbing Pejantan yang hendak dikawinkan harus murni boer (pureblood).

Dan peraturan persilangan tadi wajib diikuti, karena jika tidak maka aturan persilangan dianggap tidak berlaku.

ternak kambing boer

Kode “F” mengindikasikan persentase kemurnian boer yang telah dihasilkan dari persilangan antara pejantan boer murni (fullblood) dengan kambing betina bukan boer. Dibawah ini adalah aturan persilangan boer:

  • Keturunan F1 : 1/2 kambing boer = pejantan boer murni dengan indukan kambing jenis lain
  • Keturunan F2 : 3/4 kambing boer = pejantan boer murni dengan indukan F1
  • Keturunan F3 : 7/8 kambing boer = pejantan boer murni dengan indukan F2
  • Keturunan F4 : 15/16 kambing boer = pejantan boer murni dengan indukan F3
  • Keturunan F5 : 31/32 kambing boer = pejantan boer murni dengan indukan F4

Untuk di Indonesia sendiri biasanya kambing boer di silangkan dengan kambing PE, kambing benggala, kambing kacang, kambing jawa randu dan lainya. Universitas Brawijaya adalah satu satunya institusi yang memiliki kambing boer full blood registered hingga saat ini. Namun sayangnya dalam perkembanyannya kurang berjalan baik. Sementara itu pemerintah provinsi lampung melakukan bekerja sama dengan beberapa perusahaan importir yang akhirnya memiliki beberapa boer fullblood, yang kemudian di gunakan untuk persilangan dengan kambing jawa randu yang ada di provinsi lampung. Sementara itu di provinsi Sumatera utara juga di budidayakan silangkan kambing boer dengan kambing kacang tepatnya berada di Balai Penelitian kambing potong Lolit sei putih galang. Agar diketahui saja baha hasil perilangan tadi diatas tidak akan dapat menghasilkan keturunan murni (fullblood) kambing boer. Tetapi yang akan dihasilkan adalah boer peranakan (purebreed).

bibit kambing boer

Nah itu tadi adalah sedikit informasi mengenai kambing boer beserta turunan hasil persilangan kambing boer dengan kambing yang ada di Indoneia. Terimakasih dan semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Wassalam…

One Response

  1. farida dwi jayanthi December 19, 2015 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terima Kasih atas kunjungan Anda.Ini adalah website review untuk jualan sapi atau jual sapi online ,jual kambing dan hal hal yang berhungan dengan usaha peternakan hewan
error: Content is protected !!