Jenis Kambing – Mengetahui Jenis Kambing di Indonesia

Jenis Kambing yang ada di Indonesia pada saat ini telah cukup banyak jenisnya, setidaknya kali ini ada  12 jenis kambing yang telah ada di indonesia. Jenis kambing di Indonesia selain peningkatannya semakin banyak, juga dari segi jenis yang sangat beragam. Jenis yang beragam dapat berasal dari introduksi dari luar Indonesia maupun hasil perkawinan silang dengan varietas lokal di Indonesia.

Harga kambing etawa

Mengenal Jenis Kambing yang ada di Indonesia

Berikut adalah beberapa jenis kambing ternak yang telah banyak dibudidayakan di Indonesia:

1. Kambing Kacang

Jenis kambing ini adalah salah satu ras kambing unggul yang sejak lama telah dibudidayakan oleh nenek moyang kita di Indonesia. Kambing kacang merupakan kambing asli Indonesia, jenis kambing ini memiliki keunggulan dalam kemampuan beradaptasi yang baik terhadap kondisi alam Indonesia disamping itu kelebihan lain dari jenis kambing ini daya reproduksinya tinggi. Kambing kacang merupakan salahsatu jenis kambing pedaging.

2. Kambing SamosirKambing asli sumatera

Berdasarkan sejarahnya kambing Samosir (Kambing Putih, Kambing Batak), jenis kambing ini dipelihara penduduk pulau samoosir secara turun temurun, di tengah-tengah Danau Toba, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Jenis kambing ini mampu beradaptasi dengan kondisi alam lahan kering dan bebatuan, meski musim kemarau yang biasanya rumput sangat sulit  didapat.

 

3. Kambing Jawarandu

Kambing Jawarandu (Jawa Randu) mempunyai bebrapa sebutan lain seperti  kambing Gumbolo, kambing Bligon, kambing Koplo dan kambing Kacukan. Jenis kambing  ini merupakan hasil silangan dari kambing peranakan Etawa dengan kambing Kacang, namun sifat fisik kambing kacangnya yang lebih dominan.

kambing aqiqah

4. Kambing Gembrong

Kambing ini populasinya berada di daerah kawasan Timur Pulau Bali terutama di Kabupaten Karangasem. Kambing Gembrong merupakan Jenis kambing Bali asli yang hampir punah keberadaanya.

kambing bali

5. Kambing Muara

Jenis kambing ini dapat dijumpai di daerah Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara di Propinsi Sumatera Utara. Kambing ini  memiliki bentuk tubuh yang kompak dan lebih besar dari kambing kacang. Kambing Muara memiliki bobot yang lebih berat dari bobot kambing Kacang. Kambing Muara ini sering juga beranak dua sampai empat dalam sekali melahirkan.

6. Kambing Marica

Kambing Marica merupakan variasi kambing lokal dari Kambing Kacang yang terdapat di Provinsi Sulawesi Selatan,  jenis kambing ini saat ini termasuk salah satu genotipe kambing asli Indonesia yang populasinya sudah sangat sedikit di Indonesia. Berdasarkan informasi dari FAO  jenis kambing ini termasuk kategori kambing yang sudah langka dan hampir punah.

Kambing merica

7. Kambing Etawa

Kambing Etawa atau kambing Jamnapari adalah nama aslinya, merupakan jenis kambing unggul yang dapat diternakkan sebagai kambing penghasil susu atau sebagai kambing penghasil daging. Kambing Etawa padamulanya berasal dari negara India.

8. Kambing PE

Jenis Kambing ini adalah hasil persilangan antara kambing Etawa dengan kambing Kacang, kambing PE memiliki kelebihan dalam beradaptasi dengan kondisi alam Indonesia di banding dengan kambing etawa murni.

9. Kambing Boerawa

Kambing Boerawa adalah hasil persilangan antara kambing Boer jantan dengan kambing Peranakan Etawah (PE) betina. olehkarenanya singkat dengan sebutan kambing Boerawa kalau panjangkan berarti Boer dan Peranakan Etawah. Kambing boerawa mulai berkembang dan banyak jumlah populasinya di daerah Propinsi Lampung pulau sumatera.

10. Kambing Boer

Kambing Boer merupakan kambing yang berasal dari Afrika Selatan. Kambing Boer merupakan kambing pedaging yang sangat bagus. Karena pertumbuhan dari kambing ini sangat cepat. Dalam umur lima hingga enam bulan jenis kambing ini telah dapat mencapai bobot 35 s/d 45 kg, Pertambahan berat rata-rata per hari dapat mencapai antara 0,02 s/d 0,04 kg.

11. Kambing Saanen

Kambing Saanen ini aslinya berasal dari lembah Saanen, Switzerland bagian barat. mempunyai badan yang besar, dan jenis kambing ini adalah diantara jenis kambing terbesar di Swiss. Sulit berkembang di wilayah tropis karena kepekaannya terhadap matahari. Oleh karena itu di Indonesia jenis kambing ini disilangkan lagi dengan jenis kambing lain yang lebih resisten terhadap cuaca tropis dan tetap diberi nama kambing Saanen, antara lain disilangkan dengan dengan kambing peranakan etawa atau kambing PE. Kambing saanen merupakan kamping penghasil susu yang baik.

12. Kambing Kosta

kambing Kosta ada di sekitar Jakarta dan Propinsi Banten pada awal penyebarannya. Kambing ini bertubuh sedang, berhidung rata dan kadang ada yang melengkung, tanduk dan bulunya pendek. Kambing ini pada mulanya merupakan persilangan antara kambing Kacang dan kambing Khasmir.

Demikaian tadi adalah informasi tentang jenis kambing yang ada di Inonesia yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini.  semoga artikel tentang jenis kambing diatas dapat bermanfaat bagi para pembaca khususnya yang sedang mencari informasi informasi tentang kambing indonesia. Sekian dulu dan terimakasih telah berkunjung dan membaca.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terima Kasih atas kunjungan Anda.Ini adalah website review untuk jualan sapi atau jual sapi online ,jual kambing dan hal hal yang berhungan dengan usaha peternakan hewan
error: Content is protected !!