Domba Waringin – Temuan Terbaik Putera Bangsa Indonesia

Domba Waringin dikenal sebagai domba Pedaging unggul dari Sumatera utara. Domba ini adalah asli hail karya seorang pakar peternakan di stabat kabupaten langkat, Sumatera utara, kita sebagai bangsa indonesia patut berbangga atas hasil temuannya. Adalah seorang pakar peternakan bernama Tista Waringin Sitompul, yang telah bekerja keras selama hampir sembilan tahun dalam usahanya yang membuahkan hasil yaitu seekor domba jenis unggul, dengan cara menyilangkan domba lokal dengan domba impor luar negeri. Dan sebuah hasil yang menggembirakan yaitu dengan ditemukannya seekor domba unggul yang diberi nama domba Waringin, sesuai dengan nama penemunnya.

Usaha ternak

Mengenal Asal-usul Doma Waringin

Domba waringin ini memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih besar bila dibandingkan dengan domba lokal atau domba kampung sekalikpun. Domba waringin ini dapat mencapai bobot antara 80 s/d 135kg, sementara bobot domba lokal hannya dapat mencapai antara 25kg s/d 40kg.

Kelebihan menonjol dari domba waringin betina adalah kemampuannya dalam melahirkan anak kembar 2 bahkan kembar 4 dalam sekali melahirkan, atau bisa dibilang domba waringin ini memiliki sifat prolifik yang sangat bagus. Upaya untuk menghasilkan domba jenis uggul oleh Bapak Ir. Tista Waringin Sitompul telah dimulainya sejak tahun 1990. Beliau mengawalinya dengan jalan menyilangkan domba Kampung betina dengan domba Suffolk jantan dari Inggris, dan menghasilkan turunan (F1S). Kemudian hasil persilangan tersebut terus diteliti hingga akhirnya menemukan domba turunan dengan kualitas terbaik, penelitian yang dilakukan berlangsung hingga beberapa tahun lamannya.

Usaha-peternakan domba

Setelah berhasil menemukan turunan domba F1S terbaik, langkah selanjutnya beliau mulai menyilangkan domba kampung dengan domba Barbados Perut Hitam asal Karibia dan Amerika, hingga akhirnya didapat keturunan domba F1B. Dilanjutkan lagi dengan menyilangkan domba kampung betina dengan domba St.Croix jantan dari Karibia, hingga didapatkan keturunan domba F1C.

Kemudian masing-masing hasil dari persilangan domba F1B dan hasil persilangan domba F1C ini dikembangkan dan diteliti lagi hingga ditemukan turunan terbaik masing-masing dari kedua domba terebut yakni F1B dan juga F1C. Yng seterusnya domba terbaik F1B juga disilangkan dengan domba terbaik F1C, hingga didapatkan hasil turunan terbaik dari persilangan tersebut. Setelah mendapatkan domba terbaik hasil persilangan antara domba F1B dan F1C ini barulah kemudian disilangkan lagi dengan domba terbaik F1S. Nah, dari persilangan terakhir inilah baru kemudian didapatkan turunan domba dengan sifat genetik terbaik. Domba terbaik inilah yang kemudian diberi nama domba Waringin. Yang mana domba unggul ini sangat bagus diternak-kan sebagai domba pedaging.

Usaha budidaya domba

Domba Waringin Temuan Terbaik Anak Bangsa Indonesia

Penelitian yang telah sekian lama berlangung, barulah pada tahun 1997 akhirnya diperoleh hasil yang sangat memuaskan, dengan ditemukannya domba waringin tersebut. Dan sekarang ini populasi domba waringin telah tersebar khususnya di wilayah langkat.

Domba waringin yang ditemukan oleh Bapak Ir. Tista Waringin Sitompul ini memiliki kelebihan lebih tahan terhadap berbagai penyakit, dan selain itu domba ini juga pemberian pakannya sangat mudah, karena tidak begitu pilih-pilih pakan. Dengan demikian domba waringin ini sangat mudah dalam pemeliharaannya. Hampir semua jenis rumput dan konsentrat yang diberikan kepada domba ini dimakan habi. Kualitas daging domba waringin juga sangat bagus, dengan tekstur serat daging yang lebih halus dari pada daging domba jenis lain.

Dan yang terpenting disini adalah, bahwa domba waringin ini mudah beradaptasi terhadap lingkungan tropis Indonesia pada umumnya, dan mudah dikembangkan diseluruh wilayah Indonesia tentunya. Dikarenakan domba ini membawa sifat turunan dari domba lokal Indonesia.

Harga domba qurban

Nah, demikian tadi informasi tentang domba waringin yang terbaik dari Indonesia. semoga artikel ini menarik dan dapat bermanfaat bagi para pembaca semuanya, terimakasih banyak atas kunjungannya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terima Kasih atas kunjungan Anda.Ini adalah website review untuk jualan sapi atau jual sapi online ,jual kambing dan hal hal yang berhungan dengan usaha peternakan hewan
error: Content is protected !!