Domba Merino – Keunggulan Domba Merino

Domba merino telah dikenal banyak oleh masyarakat dunia karena kualitas bulu yang dihasilkannya Domba merino ini memiliki bulu terbaik diantara sekian banyak bulu domba yang lainnya. Domba merino ini memiliki bulu yang sangat bagus sebagai bahan baku pembuatan kain wol karena bulu yang dimilikinya panjang dan tebal. Domba ini berasal dari daerah asia kecil dan populasi-nya telah banyak tersebar ke banyak belahan dunia. Domba ini sangat cocok dengan habitat negara-negara yang memiliki 4 musim seperti halnya negara Belanda, Australia, Inggris, Spanyol dan Prancis, domba merino tidak cocok terhadap iklim panas dan terlalu lembap, sehingga domba ini kurang cocok diternak-kan di daerah tropis seperti indonesia pada umumnya.

jual domba merino

Berikut adalah ciri-ciri dari Domba merino :

  • Domba merino jantan memiliki tanduk.
  • Sementara domba merino betina tidak bertanduk.
  • Tergolong domba dengan ukuran badan yang sedang.
  • Domba merino jantan dewasa dapat mencapai bobot antara 70 s/d 80 kg, sementara merino betina antara 50 s/d 60 kg.

Pemerintah sebenarnya telah mendatangkan domba merino ke Indonesia, namun domba ini tidak dapat berkembang degan baik, kecuali didaerah-daerah pegunungan yang memiliki suhu udara yang relatif dingin.

Kwantitas Daging Yang tinggi Adalah Keunggulan Domba Merino

Berbagai jenis domba sebenarnya sangat mudah untuk dipasarkan di Indonesia. Salah satu faktor yang mempengaruhi dalam hal pemasaran adalah pertumbuhan ekonomi rakyat sendiri, misalnya semakin banyaknya usaha rumah makan serta pedagang kaki lima yang menjual menu-menu dari hasil olahan daging misalnya sate. Selain itu semakin meningkatnya kesadaran kaum muslimin dalam melaksanakan ibadah qurban di hari raya idul adha dan ibadah aqiqah untuk kelahiran anak. Sehingga pada saat menjelang hari raya qurban, biasanya permintaan hewan qurban seperti sapi, kambing dan domba cenderung terus mengalami peningkatan disetiap tahunnya. Hal ini sebenarnya adalah peluang usaha dalam bidang peternakan, khususnya disini adalah usaha peternakan yang menyediakan hewan qurban.

Jual domba merino wonosobo

Semakin meningkatnya permintaan akan kebutuhan daging, serta terus meningkatnya permintaan hewan qurban oleh masyarakat. Hingga sat ini misalnya di daaerah Bantul, Jawa tengah domba merino termasuk adalah domba faforit bagi para pembeli hewan untuk ibadah qurban.

Domba merino ini baik untuk diternakkan ditempat yang bersuhu dingin seperti daerah pegunungan. Dengan suhu yang dingin justru pertumbuhan domba merino ini dapat maksimal, disamping itu produktifitas-nya juga bagus. Misalnya para peternak domba merino di daerah Wonosobo, Jawa Tengah, telah berhasil membudidayakan domba merino dengan hasil produki yang bagus. Sehingga sekarang keberadaan domba merino dipasaran sekitar wonosobo sendiri seperti pasar muntilan misalnya, domba merino ini tidaklah sulit untuk mendapatinya.

Keunggulan domba merino ini terletak pada kuantitas dagingnya yang tinggi. Misalnya bobot hidup domba merino jantan dewasa dapat mencapais sekitar 90 kg. Berat bersih daging yang didapat setelah pemotongan adalah sekitar sepertiga sampai seperempat bobot hidupnya. Sehingga adalah wajar jika domba merino sangat dikenal dengan kuantitas dagingnya yang banyak. Untuk di negra-negara dingin atau negara-negara yang mempunyai 4 musim domba merino sangat dikenal dengan kwalitas bulu yang dihasilkannya yang mana bulunya digunakan terutama sebagai bahan dasar kain wol untuk pakaian penghangat di musim dingin. Untuk harga domba merino, menjelang hari raya Idul Adha saat ini mungkin mencapai 4 jutaan lebih per ekor merino.

Budidaya domba merino

Harga Domba Merino Lebih Mahal Dari Jenis Domba Yang Lain

Di sleman sendiri, harga domba merino dewasa berukuran besar dan poel, dapat mencapai antara Rp 4 juta per ekor. Harga domba lokal besar dan poel, mencapai antara Rp 2,7 juta s/d Rp 3 juta per ekor. Harga domba merino sendiri dipatok lebih mahal dari jenis domba lokal, Hal ini dikarenakan persentase daging domba merino jauh lebih banyak dari jenis domba yang lain. Misalnya saja dengan bobot hidup 90 kg, bisa menghasilkan berat daging bersih sekitar 30 kg. Sementara untuk jenis domba lokal yang juga sudah besar hanya memiliki bobot hidup antara 50 kg s/d 60 kg cukup jauh terpaut dengan bobot hidup domba merino.

Sejumlah peternak domba yang ada di daerah Gamping dan Sedayu, Bantul, sudah mencoba membudidayakan domba ini, namun hasilnya tidak sesuai yang diharapkan. Untuk pertumbuhannya memang bagus, namun kendala yang didapati adalah masalah peroduktifitas domba merino yang kurang baik. Artinya, domba merino sulit berkembang biak di tempat yang beriklim panas.

Domba etawa

Untuk yang bertempat tinggal di daerah dingin seperti pegunungan, maka anada  bisa mencoba beternak domba jenis ini. Namun jika anda tinggal di dataran yang suhunya panas, maka beternak domba merino tidaklah disarankan. Disarankan menggunakan kandang dengan tipe panggung, dengan alasan bahwa dengan kandang tipe panggung selain lebih terjamin kesehatannya, domba juga relatif lebih aman dari gangguan dan ancaman hama pemangsa.

Dan demikian tadi sedikit informasi tentang domba merino yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian, Terimakasih telah berkunjung.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terima Kasih atas kunjungan Anda.Ini adalah website review untuk jualan sapi atau jual sapi online ,jual kambing dan hal hal yang berhungan dengan usaha peternakan hewan
error: Content is protected !!