Domba Ekor Gemuk – Mengenal Keunggulan Domba Ekor Gemuk

Domba Ekor Gemuk disebut juga sebagai domba sapodi, tentang asal usul domba ini cukup banyak versi-nya, tetapi sebagian para ahli menyebutkan bahwa Domba Ekor Gemuk berasal dari Indonesia asli, tempat plasma nutfah-nya atau genetik-nya sebagian besar berasal dari Kepulauan Sapodi di Madura dan populasi-nya banyak terdapat di sepanjang pantai utara sebelah timur wilayah Indonesia yang mencakup Jawa timur dan Madura serta Lombok hingga Sulawesi. Sebagian lagi para ahli juga menyatakan bahwa domba ini asal mulanya dari daerah Asia Selatan, daerah Asia Barat dan daerah Afrika Selatan. Domba ekor gemuk disingkat menjadi “DEG”, pada mulanya dibawa oleh pedagang arab ke Indonesia, domba ini genetik asal mulanya hingga sekarang belum diketahui proporsi-nya.

Jual domba ekor gemuk

Kebutuhan akan protein hewani yang semakin hari semakin mengalami peningkatan, kian menuntut para peternak untuk menambah jumlah produksi ternak mereka, dan hal ini sebenarnya adalah peluang yang nyata bagi industri peternakan hewan. Bibit unggul dari ternak yang dapat menghasilkan produk optimal juga semakin dibutuhkan. Serta bibit yang mudah di kembang biak-kan, mudah beradaptasi terhadap lingkungan baru, laju pertumbuhan yang cepat dan berbagai kemudahan dalam tata laksana lainnya dalam pengembangbiakan, sehingga akan didapatkan nilai ekonomis yang menguntungkan, serta responsif yang baik terhadap teknologi baru adalah harapan bagi para peternak domba pada khususnya. Dan hewan ternak yang memenuhi kriteria tersebut salah satunya adalah Domba Ekor Gemuk. Karena domba ekor gemuk sudah lama dikenal dan mudah diterima oleh kebanyakan masyarakat indonesia. Harga domba ekor gemuk bervariasi tergantung dari daerah masssing-masing.

Keunggulan Yang Dimiliki Oleh Domba Ekor Gemuk

Beternak domba ekor gemuk sangat tepat jika di peruntuk-kan sebagai domba pedaging dari pada sebagai penghasil bulu untuk bahan wol, seandainya domba ini dipelihara dengan sistem yang benar dan intensif maka akan didapatkan pertambahan bobot domba antara 51 s/d 55 gram per harinya. Domba ini memiliki postur badan yang lebar.Domba jantan dapat mencapai bobot antara 60 kg dan yang betina dapat mencapai sekita 50 kg. Kelebihan lain domba ekor gemuk ini adalah mampu menyimpan lemak cadangan pada ekornya, yang sewaktu-waktu dapat berguna apabila suatu saat kekurangan pakan maka lemak yang ada disekitar ekor akan dialihkan sebagai energi. Domba ekor gemuk ini memiliki postur tubuh yang lebih besar dari pada domba ekor tipis.

Domba ekor gemuk super

Tingkat fertilitas yang tinggi dari peternakan domba ekor gemuk di Indonesia sangat erat kaitannya dengan pengaruh iklim yang ada di Indonesia yang mana cahaya matahari dengan intensitas yang cukup sangat berperan dalam tingkat keberhasilan kelahiran dan hidup bagi anak-anak domba hingga dewasa. sehingga tidaklah mengherankan jika domba-domba yang diternakkan di Indonesia mempu memproduksi anak dalam jumlah yang banyak. Jika diamati pada faktor genetik domba ekor gemuk ini mempunyai produktivitas tinggi dengan performa reproduksinya meliputi angka kelahiran hingga 156 %, angaka fertilitas mencapai 75 s/d 80 %, dan lamb crop (panen cempe) mencapai angka 80 %.

Dari hasil penelitian menunjukan bahwa domba ekor gemuk yang ada di indonesia dengan jarak waktu melahirkan anak sekitar 8 bulan mampu melahirkan anak antar 2,34 ekor per tahun. Jadi jika 50 ekor induk domba ekor gemuk bisa melahirkan antara 117 ekor anak domba dalam tahun.

Keuntungan Beternak Domba Ekor Gemuk

Ternak domba ekor gemuk sangat berpotensi untuk dilakukan di indonesia sebagai domba pedaging atau domba potong karena beberapa kelebihannya sebagai berikut:

  • Pada dasarnya domba ini cenderung menyukai hidup secara bergerombol, sehingga budidaya domba ekor gemuk relatif lebih mudah apabila di ternak-kan dengan cara di gembala-kan.
  • Domba ini lebih tahan terhadap cuaca panas dan dingin, karena memiliki bulu yang tebal, disamping itu bulu yang tebal dapat menahan dari dehidrasi yang cepat karena banyaknya penguapan cairan tubuh.
  • Domba ekor gemuk dapat dengan mudah beradaptasi dengan dengan berbagai lingkungan, serta lebih tahan terhadap berbagai macam penyakit.
  • Jika dibandingkan dengan kambing, maka domba ekor gemuk ini memiliki kebiasaan merumput leging rajin.
  • Nilai jual kulit domba ekor gemuk ini relatif lebih tinggi jika dibanding dengan kulit kambing sejenis, mengingat harga domba yang juga terus mengalami kenaikan setiap tahunnya.
  • Domba ekor gemuk dapat dengan mudah beradaptasi dengan dengan berbagai lingkungan, serta lebih tahan terhadap berbagai macam penyakit.

Dari bebrapa kelebihan yang dimiliki oleh domba ini maka penggemukan domba ekor gemuk di Indonesia sangat berpotensi.

Budidaya ternak kambing

Tips Memilih Pejantan Dan Indukan Domba Ekor Gemuk

Kriteria Calon Induk domba ekor gemuk yang baik harus diperhatikan:

  • Sehat, licah dan tidak memiliki tubuh sempurna atau tidak terdapat cacat.
  • Mothering Ability yang baik, bersifat keibuan-nya bagus.
  • Memiliki kaki yang sejajar, kokoh dan kuat.
  • Didapat dari bibit domba ekor gemuk keturunan kembar
  • Memiliki Ambing susu yang sehat dan normal, halus dan kenyal.
  • Memiliki bulu tang bersih dan mengkilat.

Calon Pejantan domba ekor gemuk harus memiliki kriteria berikut:

  • Ber tubuh kekar dan besar, bentuk punggung-nya terlihat rata dan tidak melengkung, serta tidak terdapat cacat.
  • Memiliki bulu yang bersih mengkilat.
  • Memiliki dada yang dalam dan lebar.
  • Didapat dari keturunan kembar
  • Keempat kakinya lurus, kuat dan simetris.
  • Aktif bergerak, tenaganya kuat, serta memiliki tingkat birahi yang baik
  • Berpenampilan gagah dan memiliki Tumit yang tinggi.
  • Memiliki scrotum atau buah zakar yang normal, dengan bentuk yang sama.

Harga kambing domba

Demikian tadi informasi tentang keunggulan yang dimiliki domba ekor gemuk. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca semuanya, terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terima Kasih atas kunjungan Anda.Ini adalah website review untuk jualan sapi atau jual sapi online ,jual kambing dan hal hal yang berhungan dengan usaha peternakan hewan
error: Content is protected !!