Sapi Bali – Prospek Peluang Usaha Yang menggiurkan

Sapi Bali merupakan jenis sapi unggul yang asli berasal dari Bali indonesia,  hasil domestikasi dari banteng atau bibos banteng. Sapi bali berwarna hitam pada jantan yang telah mencapai usia 1 tahun atau jika telah mencapai usia dewasa kelamin, sedangkan pada anak dan betina sapi bali berwarna merah bata , bagian kaki dan bagian pantat berwarna putih, bagian ujung hidung atau cermin hidung dan ujung ekor berwarna hitam, gumba atau punggung ujung ekor bergaris hitam, yang demikian tadi adalah khas ciri-ciri sapi bali. Ciri khas lain Sapi bali tidak berpunuk, biasanya mempunyai ukuran badan sedang, serta mempunyai dada yang dalam,  berkaki ramping. mempunyai kuku berwarna hitam. Ada warna putih pada Kaki di bawah persendian karpal dan tarsal. Kulit berwarna putih berbentuk oval atau white mirror terdapat pada paha bagian dalam sapi bali. Dalam hal tertentu, warna hitam bisa berubah menjadi warna merah bata apabila sapi bali telah dikebiri.

Gambar Sapi Bali

Kiat Sukses Penggemukan Sapi Bali

Sapi bali sudah cukup banyak populasinya dan dikembangkanbiakkan oleh warga bali sendiri sejak lama dan juga sekarang sapi bali banyak di jadikan komoditi usaha penggemukan sapi bali oleh banyak masyarakat indonesia khususnya.

Menetukan Bibit Sapi Bali

Penentuan bibit adalah hal penentu kesuksesan dalam usaha penggemukan sapi bali, dan berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan oleh seorang pengusaha penggemukan sapi. Dalam memilih bakalan atau bibit sapi bali sebaiknya dari sapi bali Betina atau jantan tidak produktif. Pastikan bentuk fisik sempurna atau bagus yang meliputi dari kepala, leher, badan hingga kaki. Sehat, dengan ciri-ciri kulit bersih mengkilat, cermin hidung terlihat sedikit basah atau lembab dan mata cerah bersinar. Salah satu yang juga harus diperhatikan adalah pertautan kulit yang longgar. Memiliki tingkat nafsu makan yang baik. dan yang terakhir adalah bobot sapi berkisar antara 275 s/d 300 Kg.

Bibit sapi bali

Menyediakan Kandang sapi Bali

Berikut adalah beberapa kriteria kandang bagi sapi yang harus disediakan untuk penggemukan sapi bali :

Kandang Dengan atap yang dapat melindungi hewan ternak sapi dari terik matahari dan hujan namun demikian hewan ternak sapi juga harus tetap medapat cukup sinar matahari, aliran udara yang lancara.  Kebersihan kandang adalah hal utama untuk menjga kesehatan hewan ternak sapi yang dipelihra. Saluran pembuangan limbah kotoran yang lancar serta tempat penampungan limbah kotoran sapi yang cukup untuk menampung jumlah kotoran. Upayakan kandang mempunyai lantai yang rata, keras dan datar, Sebaiknya lantai kandang dilengkapi dengan parit yang sejajar dengan arah menghadapnya sapi ke tempat pkan untuk pembuangan limbah sisa pakan dan kotoran sapi, untuk melancarkan pembuangan limbah sebaiknya parit dibuat dengan kemiringan tertentu. Usaahakan Bahan atau material untuk membuat kandang dari bahan bahan yang kuat, namun tidak melukai Sapi dan pilih bahan yang tahan lama. Kisaran kandang untuk Sapi dewasa berukuran panjang 2 m, lebar 1,5 m dan tinggi 2 m. Tempat pakan dan tempat air minum sebaiknya disediakan sesui kebutuhan.

kandang sapi

Menyediakan Pakan Sapi

Ketersedian pakan sapi yang mencukupi merupkan faktor kedua penentu kesuksesan usaha penggemukan sapi bali. konsentrat seperti dedak jagung, padi dan biji-bijian lainnya diberikan sebagai asupan makan tambahan bagi sapi bali. Selain makanan pokok sapi bali yang berupa dedaunan segar berupa hijauan rumput, hasil sisa pertanian yang berupa jerami padi, jerami jagung, kulit cokelat atau kakao. Dalam usaha penggemukan sapi bali juga memerlukan ketersediaan air minum dalam jumlah yang cukup. Pada dasarnya  setiap hari sapi bali membutuhkan pakan hijauan sebanyak 10% dari total berat badannya. Hijauan yang diberikan terdiri 1/3 bagian kacang-kacangan dan 2/3 bagian rerumputan segar . Konsetrat berupa dedak padi 1 s/d 2 Kg per hari serta pemberian mineral dalam jumlah yang cukup sesuai kebutuhan.

 

Menjaga Kesehatan Sapi

Pencegahan terhadap penyakit bisa dilakukan dengan mengupayakan kandang dan lingkungannya agar selalu bersih, memberikan vaksinasi terhadap juga bisa dilkukan kalau memang diperlukan namun harus sesuai rekomendasi dari Dinas yang menangani peternakan setempat. Penyakit yang biasa diderita sapi adalah cacingan dan perut kembung disebut bloat atau timpani. Ini dapat dicegah dengan cara memberikan hijauan yang sudah dilayukan terlebih dahulu kepada sapi. Lakukan karantina terlebih dahulu atau mengandangkan tersendiri sapi yang sakit. Perlu diwaspadai juga adalah penyakit jembrana, diare ganas menular dan ngorok, Bila diperlukan segera laporkan kepda petugas kesehatan hewan atau Dinas Setempat yang menangani hal itu.

Keunggulan Budidaya Sapi Bali

keunggulan sapi bali dari sapi pedaging lain adalah terletak pada tulang sapi bali relatif lebih kecil dari sapi jenis lain, dengan jumlah daging yang lebih tebal. Sehingga sapi bali banyak diminti oleh pasar daging khususnya indonesia. Namun Pemerintah Daerah Bali akhir-akhir ini membuat pembatasan terhadap penjualan keluar daerah terhadap sapi bali sehingga membuat sapi bali semakin sulit didapatkan dan ini merupakan peluang yang sangat bagus bagi para pengusaha penggemukan sapi diluar daerah bali untuk melakukan budidaya sapi bali, guna memenuhi kekurangan permintaan pasar akan kebutuhan sapi jenis ini.

Cara ternak sapi

 

Hingga saat ininpun kebutuhan daging sapi dipasar indonesia semakin meningkat disamping itu pula harga daging sapi yang terus naik adalah peluang yang sangat menggiurkan untuk meraup keuntungan yang besar dari usaha peternakan sapi pedaging. Semoga artikel ini dapat bermanfat bagi para pembaca sekalian, jika menginginkan informasi tentang sapi metal atau sapi simental bisa baca artikelnya di sini.

4 Comments

  1. I MADE WIDIANTARA July 22, 2015 Reply
  2. suharyono September 20, 2015 Reply
    • admin September 20, 2015 Reply
  3. Hadi subowo October 27, 2015 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terima Kasih atas kunjungan Anda.Ini adalah website review untuk jualan sapi atau jual sapi online ,jual kambing dan hal hal yang berhungan dengan usaha peternakan hewan
error: Content is protected !!