Cara Memilih Kambing Perah Yang Baik Untuk Usaha Produksi Susu Kambing

Kambing Perah – Ketika ingin membuat usaha produki susu kambing dengan cara memelihara kambing secara mandiri,  maka hal-hal penting yang harus dipersiapkan diantaranya adalah, pemilihan kambing perah yang baik, adapun kambing yang digunakan sebagai kambing perah adalah kambing betina. Pada kesempatan kali ini kami akan sedikit uraikan tentang bagaimana cara memilih kambing perah yang baik untuk usaha peroduksi susu kambing. Dimana ini mungkin akan bermanfaat bagi para calon peternak kambing perah, yang ingin mendirikan produksi berupa susu kambing.

Jual kambing perah jenis unggul

Kambing Perah Yang bagus Sangat Menentukan Keberhasilan Usaha produksi Susu Kambing Perah Anda

Soal kemampuan produksi susu, sudah barang tentu kambing yang besar lebih banyak mengasilkan susu dari pada kambing yang berukuran kecil. Jika memilih kambing perah jenis kambing peranakan etawa (Kambing PE), maka pilihlah kambing yang memiliki bobot setidaknya 20kg. Namun jika anda memilih kambing perah misalnya kambing saanen, toggenburg, Anglo Nubian, maka pilihlah yang beratnya antara 42kg dengan tinggi badan antara 67 cm. Dan tahap selanjutnya ketika memilih kambing perah, maka pastikan kambing perah yang hendak dipilih harus benar-benar di cek kesehatannya. Adapun ciri-ciri kambing sehat adalah matanya bersih bersinar, moncong hidungnya basah, tidak ada cacat di tubuhnya, gerakannya lincah serta memiliki nafsu makan yang baik.

Jual kambing perah kualitas super

Adapun hal yang terkadang sering dilupakan dalam pemilihan kambing perah adalah memperhatikan sifat kambing perah yang akan digunakan untuk memproduksi susu. Pilihlah kambing yang tenang dan tidak bringasan ketika didekati, karena hal ini akan sangat membantu saat kambing perah diambil susunya.

Adapun sebenarnya masih banyak jenis kambing perah yang ada diseluruh dunia diantaranya seperti:

  • Kambing hitam anatolia
  • Kambing alpines
  • Kambing appenzel
  • Kambing anglo nubian
  • Kambing saanen
  • Kambing Etawa
  • Kambing Peranakan Etawa ( Kambing PE)
  • Kambing bhuj
  • kambing argentata
  • Kambing Bionda Del Adamello
  • kambing toggenburg
  • kambing pygmy

Perlunya Memperhatikan Bentuk Ambing (Udder) Kambing Perah

Pusat produksi susu pada kambing adalah terletak pada sebuah organ kambing perah yang bernama Udder atau biasa disebut ambing, disebut juga kelenjar penghasil susu. Dimana Ambing atau Udder (bahasa inggris) tersebut adalah organ yang terdiri dari 2 bagian, yaitu ‘cistern’ dan ‘teat’. cistern adalah berperan sebagai tempat penampung susu hasil produksi, semetara teat adalah tempat keluaran susu atau disebut juga puting.

Jual kambing perah murah

Kambing perah yang baik memiliki wujud ambing yang kencang dan terlihat dari kulit luarnya, hal itu adalah ciri-ciri ambing yang baik. ambing yang baik tidak lemas atau terlalu jatuh kebawah. posisi ambing kambing perah yang masih bagus dapat dilihat dari posisi ambing terhadap lutut kambing perah itu sendiri. Ambing yang sudah lemas akan membuat sulit ketika kambing perah akan diambil susunya, selain itu juga akan mengganggu ketika kambing sedang berjalan. Ambing yang lemas bisa disebabkan oleh cempe atau anak kambing perah ketika menyusu dengan gerakan yang kuat, karena seiring bertambahnya umur dari ank kambing. Ambing yang lemas juga akan mudah terluka, luka pada ambing disebut dengan istilah mastitis. Udder depth atau dalam istilah dunia peternakan disebut sebagai kriteria ambing, yang dapat dilihat indikatornya dari ketinggian ambing terhadap lutul belakang pada kambing perah.

Besar volume ambing pada kambing perah, akan sangat mempengaruhi jumla hasil produksi susu kambing perah. Ambing dengan bentuk hampir bulat adalah kriteria ambing dengan jumlah hasil susu yang banyak. hal ini dapat dilihat dan dihitung dari volume ambing, dapat dilihat dari perbandingan antara diameter horizontal dan vertikal ambing, pada kambing perah tersebut. Bagian penampung susu pada ambing serta puting harus memiliki persentase besar yang kurang lebih sama.

Jual kambing perah unggul

Kambing perah yang baik produksi susunya, memiliki ambing dan puting yang besar. Maka pilihlah kambing perah yang memiliki ambing dan puting yang bear serta kencang dan mengkilap. Keuntungan kambing perah dengan ukuran puting yang besar dan panjang akan memudahkan dalam proses pengambilan susu kambing perah. Semakin tua uisa kambing perah biasanya ukuran puting-nya juga akan semakin besar dan panjang.

Demikian tadi artikel yang berisi informasi tentang bagaimana memilih kambing perah yang baik untuk usaha produksi susu kambing perah. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terima Kasih atas kunjungan Anda.Ini adalah website review untuk jualan sapi atau jual sapi online ,jual kambing dan hal hal yang berhungan dengan usaha peternakan hewan
error: Content is protected !!